b. Optimalisasi Kecerdasan Jama’

sobri, Nilawati Tadjuddin (2014) b. Optimalisasi Kecerdasan Jama’. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of (2014)_Penelitian_Optimalisasi_Kecerdasan_Jamak.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan jamak (, Interpersonal, Intrapersonal dan Spiritual) pada anak usia dini dengan menerapkan metode “ Bermain Peran “. Penelitian ini dilakukan di Taman kanak – kanak Arrusydah Bandar Lampung selama Semester Pertama Tahun Ajaran 2007. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan “ Model John Elliot” dan dilanjutkan uji efektivitas dengan menggunakan model eksperimen pre-post design. Subjek penelitian berjumlah 24 anak kelas B-3 di TK Arrusydah Bandar Lampung. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, ada dua macam data, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data Kuantitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan presentase dan t-test, untuk mengetahui perbedaan peningkatan kecerdasan jamak (Interpersonal, Intrapersonal, dan Spiritual ), pada anak usia dini dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran, sedangkan data kualitatif dianalisis secara induktif dengan “Flow analysis” ( Borg and Gall), Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kecerdasan Interpersonal: diperoleh t hitung (t hitung = -13,77), Intrapersonal ( -11,24),dan (2) Spiritual: ( t hitung – 12,70), sedangkan t kabel = 2,068, pada tingkat kepercayaan 95%. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil penelitian dideskripsikan sebagai berikut: terdapat perbedaan mean (uji-t) antara asesmen awal dan asesmen akhir, baik pada kecerdasan, Interpersonal, Intrapersonal, dan Spiritual maupun pada metode danbermain peran. Dari hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kecerdasan jamak (Interpersonal, Intrapersonal, dan Spiritual, ) anak usia dini, perlu memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan. Implikasi dari penemuan penelitian tersebut, antara lain, hendaknya guru berupaya memilih metode pembelajaran yang tepat, untuk meningkatkan kecerdasan jamak pada anak usia dini. Dengan demikian dikemukakan saran antara lain: Kepada Guru Taman Kanak – Kanak Arrusydah Bandar Lampung untuk dapat menggunakan metode “Bermain Peran” sebagai salah satu metode pembelajaran, umtuk mengembangkan kecerdasan jamak (Intrapersonal, Interpersonal dan Spiritual) anak usia dini, secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: DR Nilawati Tajuddin
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:00
Last Modified: 02 Oct 2017 06:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item