PENGARUH PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI DI TIYUH PULUNG KENCANA KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT)

MUBDI, ISMAN (2021) PENGARUH PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI DI TIYUH PULUNG KENCANA KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya. Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah), ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan (misalnya bagi anak balita, atau bagi ibu hamil). Program Keluarga Harapan di Tiyuh Pulung Kencana ini mampu mensejahterakan sebuah keluarga yang kurang mampu, bantuan PKH ini berupa uang yang di bagi dua bidang yakni bidang pendidikan dan kesehatan. Bagaimana Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Di Tiyuh Pulung Kencana Kabupaten Tulang Bawang Barat Dan Bagaimana Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadapa Kesejahteraan Kelurga Di Tiyuh Pulung Kencana Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tujuan untuk Mengetahui Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Tiyuh Pulung Kencana dan juga untuk mengetahui kebijakan Program Keluargan Harapan (PKH) Terhadap Kesejahteraan Keluarga di Tiyuh Pulung Kencana. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif menggambarkan secara objektif Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap (PKH) Kesejahteraan Keluarga di Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Data di peroleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan tekhnik purposive sampling dalam memilih subyek-subyek sampelnya, maka sampel penelitian ini adalah Kepala Tiyuh, Sekertaris Tiyuh, Ketua Pelaksana PKH, Pendamping PKH, dan 6 Orang penerima bantuan PKH. Penyajian dan analisis data di narasikan secara deskriptif. Pelaksaan Program Keluarga Harapan yang ada di tiyuh Pulung Kencana sudah berjalan dengan baik sesuai aturan dari pemerintah sampai kepada keluarga yang layak menerima uang tersebut. Pengaruh Program Keluarga Harapan ini sangat berpengaruh untuk kesejahteraan hidup warga tiyuh Pulung kencana yang kurang mampu, di bidang pendidikan dengan bantuan tersebut anak-anak sekolah dapat memenuhi kebutuhan mereka untuk membeli peralatan sekolah, di bidang pendidikan program ini juga sangat iii membantu mensejahterakan warga tiyuh Pulung Kencana di bidang kesehatan dengan bantuan tersebut wanita sedang dalam masa kehamilan dapat menerima bantuan uang untuk memeriksa kesehatan janinnya. Bantuan dibidang kesehatan juga diterima oleh warga tiyuh Pulung Kencana yang sudah lanjut usia (lansia) untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Kata kunci :Program Keluarga Harapan dan Kesejahteraan Keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:31
Last Modified: 05 Jul 2021 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15063

Actions (login required)

View Item View Item