Tiara, Safitri Sukamto (2021) KONSEP KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PERSPEKTIF AHMAD SURKATI). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (7MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Melalui karya ini diketahui sistem pendidikan Islam sebelum dan sesudah adanya modernisasi. Penelitian ini adalah menggunakan metode studi pustaka (Library search) yaitu teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada subyek penelitian, melainkan melalui beberapa buku, dapat berupa buku, majalah, pamplet, dokumenter, serta sumber-sumber lainnya yang relevan. Menggunakan teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada subyek penelitian, melainkan melalui beberapa buku, dapat berupa buku, majalah, pamplet, dokumenter, serta sumber- sumber lainnya yang relevan. Pengumpulan datanya dilakukan melalui dokumentasi dari berbagai sumber seperti buku, makalah, disamping media elektronik melalui internet. Dalam usaha mencari dan mengumpulkan data tersebut penulis melakukannya dengan pencarian sumber referensi diberbagai tempat, antara lain perspustakaan pusat UIN Raden Intan Lampung, perpustakaan Tarbiyah dan Keguruan, buku-buku koleksi pribadi dan internet. Hasil penelitian menunjukan Konsep kurikulum yang diperkenalkan oleh Syaikh Ahmad Surkati pada pendidikan Agama Islam di Indonesia dengan hasil pemikirannya antara lain: kurikulum pendidikan Islam merupakan suatu pedoman yang digunakan oleh pendidik untuk membimbing peserta didiknya kearah tujuan tertinggi dalam pendidikan Islam, melalui akumulasi sejumlah pengetahuan, sikap mental dan ketrampilan. Dalam konteks ini pendidikan Islam bukanlah suatu proses yang dilakukan secara serampangan, hendaknya mengacu pada konseptualisasi manusia paripurna (Insan kamil) yang strateginya telah tersusun secara sistemasis didalam kurikulum pendidkan Islam. Konsep kurikulum yang ditawarkan oleh Ahmad Surkati antara lain: pertama, Kurikulum Nondikotomi, yaitu tidak membedakan dan mengelompokan ilmu pengetahuan. Karena Syaikh Ahmnad Surkati menyadari bahwa semua ilmu adalah dari Allah, sehingga tidak ada dalam dirinya pikiran dan keyakinan pemisahan ilmu yang secara murni membahas bidang keagamaan dan ilmu yang secara khusus mempelajari hal-hal yang bersifat kedumiaan. Kedua, Kurikulum yang Menggunakan Pendekatan Psikologi yaitu dengan menerapkan landasan psikologi dalam proses pengembangan kurikulum. Yang diharapkan dapat relavan dalam pendidikan dengan hakikat peserta didik, baik penyesuaian dari segi materi/bahan yang harus diberikan/dipelajari peserta didik, maupun dari segi penyampaian dan proses belajar serta penyesuaian dari unsur-unsur upaya pendidikan lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Jul 2021 04:15 |
Last Modified: | 05 Jul 2021 04:15 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15060 |
Actions (login required)
View Item |