ĀDAB MURID DALAM PENDIDIKAN SUFISTIK MENURUT AL-HABĪB „ABD ALLĀH BIN „ALWĪ AL-HADDĀD (1044 H-1132 H) DALAM KITĀB RISĀLAH ADAB SULŪK AL-MURĪD

Mahfud, Solahudin (2021) ĀDAB MURID DALAM PENDIDIKAN SUFISTIK MENURUT AL-HABĪB „ABD ALLĀH BIN „ALWĪ AL-HADDĀD (1044 H-1132 H) DALAM KITĀB RISĀLAH ADAB SULŪK AL-MURĪD. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi mahfud.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan sufistik merupakan salah satu strategi atau cara dalam menanggulangi kurangnya adab seorang murid di zaman ini. Banyak kasus yang terjadi di kalangan murid atau guru saat ini. Seperti yang dijelaskan dilatar belakang masalah bahwa sekarang terjadi banyak murid yang melawan guru, tawuran antar murid 2 sekolah di Magelang dengan menggunakan puluhan senjata tajam, peristiwa seks bebas sepasang pelajar SMK di Sidoarjo dengan teganya mengubur bayinya hidup-hidup, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adab seorang murid terhadap guru,teman, dan ilmu menurut al-Habīb „abd Allāh bin „Alwī al-Haddād dalam Kitāb Risālah Adab Sulūk al-Murīd. Objek penelitian ini adalah Kitāb Risālah Adab Sulūk al- Murīd karya al-Habīb „abd Allāh bin „Alwī al-Haddād dengan menggunakan study kepustakaan (Library Research). Adapun untuk teknik pengumpulan data adalah dengan metode study pustaka. Penelitian ini dilakukan dengan cara analisis wacana (Discourse Analysis) supaya tidak tumpang tindih dalam menganalisa. Sedangkan analisis data menggunakan metode Content Analysis yang merupakan proses menganalisa serta menyusun secara sistematis sebuah data.peneliti dalam melakukan penelitian ini ada beberapa langkah yang pertama mengelompokan data-data yang akan dianalisis, mendefinisikan istilah-istilah penting yang harus dijelaskan secara rinci, mencari data yang relevan, menyimpulkan hasil penelitian.. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa Adab menurut al-Habīb „abd Allāh bin „Alwī al-Haddād adalah adab yang mampu untuk membentuk murid yang bisa taat kepada Allah SWT dan menjauhi segala larangannya.dalam penelitian ini peneliti menemukan ada tiga adab seorang murid yaitu, 1) adab murid terhadap guru: memilih guru, sabar dan bersyukur, menaati guru, amanah. 2). adab murid terhadap teman: memilih teman yang baik, tolong menolong, tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, saling percaya, tidak berbohong dan tidak berkhianat, tidak pengecut, tidak memaki dan tidak melaknat,dan tidak pelit terhadap teman. 3) adab murid terhadap ilmu: niat, tazkiyatun nafs, bersungguh-sungguh, menjauhkan diri dari maksiat, tidak boleh sombong. iiAdapun implikasi hasil penelitian ini dengan pendidikan sekarang ada dua macam yaitu pendekatan pendidikan, pendekatan yang di gunakan oleh al-Habīb „abd Allāh bin „Alwī al-Haddād adalan pendekatan tasawuf akhlaqi, dan yang kedua yaitu konsep pendidikan karakter. Kata Kunci : Adab, Murid, Pendidikan Sufistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:37
Last Modified: 05 Jul 2021 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15054

Actions (login required)

View Item View Item