PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ASSESMENT SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

ISNAINI, Tamsir (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ASSESMENT SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (752kB)
[thumbnail of SKRIPSI-ISNAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah satu hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita, sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap makhluk sosial, di samping manusia adalah makhluk yang telah Allah anugerahkan padanya akal dan fikiran. Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam pebelajaran. Oleh sebab itu, peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Assesment Search terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peseta didik kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kalianda. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Desain penelitian yang digunakan ialah Non-equivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksankan di SMK Muhammadiyah 1 Kalianda dengan Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dengan kelas X AKL sebagai kelas eksperimen dan X MM sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan uji independent sample t-test dari hasil post-test kelas control dengan nilai rata-rata sebesar 60,71, dan kelas eksperimen sebesar 77,14 memperoleh t hitung> ttabel (3.206 >0.004) dan nilai Sig(2-tailed)=0,004 < α (0,05) dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi Assesment Search lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik tanpa strategi Assesment Search. Artinya terdapat pengaruh penggunaan Strategi Assesment Search terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kalianda Lampung Selatan. Kata Kunci: Assesment Search, Hasil Belajar PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2021 02:56
Last Modified: 05 Jul 2021 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15041

Actions (login required)

View Item View Item