TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PENGUPAHAN PADA PENGELOLAAN SWALAYAN BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Kasus pada BUMDes Tridaya Minosari Prima Di Desa Sriminosari Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur)

Siti, Mutmainah (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PENGUPAHAN PADA PENGELOLAAN SWALAYAN BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Kasus pada BUMDes Tridaya Minosari Prima Di Desa Sriminosari Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Siti Mutmainah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Upah sangat penting bagi para pekerja yang telah melakukan pekerjaannya. Karena dengan upah tersebut dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Swalayan BUMDes ini juga memberikan kemudahan bagi warga masyarakat desa yang belum mepunyai biaya untuk memulai usaha bisnis berdagangnya yaitu dengan cara memberikan modal dulu berupa barang-barang dagangan yang langsung diberikan tanpa memberikan modal sepeserpun kepada swalayan BUMDes dengan jaminan menyetorkan uang setiap harinya kepada pihak swalayan tanpa minimum penyetoran, tetapi pada realitanya yang terjadi pada masyarakat adalah tidak mau memberikan setoran apapun kepada pihak swalayan dengan berdalih bahwa uang yang digunakan untuk pengembangan swalayan itu adalah uang dari Negara yang harus diberikan kepada rakyat Dalam Islam upah di berikan setelah buruh selesai bekerja sebelum keringatnya kering. Di dalam hal ini syariat Islam memikul tanggung jawab bagi kedua belah pihak. Pihak pekerja wajib menyelesaikan pekerjaan sesuai perjanjian dan pihak majikan wajib bertanggung jawab dalam pembayaran upahnya. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini yaitu apakah faktor penyebab keterlambatan pengupahan pada pengelolaan swalayan BUMDes? Bagaimana tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif tentang keterlambatan pengupahanpekerja di Desa Sriminosari Lampung Timur? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan pembayaran upah pada SwalayanBadan Usaha milik Desa Sriminosari Lampung Timur dan untuk mengetahui apakah praktik pembayaran upah yang diterapkan sudah sesuai dengan Hukum Islam dan Hukum Positif.Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dari hasil wawancara (interview), dokumentasi,dan observasi langsung dengan pemilik usaha maupun karyawan swalayan yang diteliti serta hasil dokumentasi dengan pengumpulan data yang ada kaitannya dengan objek penelitian data sekunder.Analisis data menggunakan deskripsi, dengan menggunakan metode induktif yakni menarik kesimpulan yang bersifat khusus. Dari hasil penelitian dan analisa mengenai faktor penyebab keterlambatanmenunjukkan bahwa praktik pengupahan karyawan yang ada di Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur mengalami keterlambatan dalam pembayaran upah karyawannya, yakni dikarenakan dana yang masuk ke swlayan tidak sesuai dengan rencana atau target keuangan yang ditetapkan pada setiap bulannya dan warung binaan BUMDes jarang menyetorkn uangnya kepada pihak swalayan. Upah yang harusnya dibayarkan setiap sebulan sekali, tetapi sering mengalami keterlambatan karena pembayaran upah yang ditunda sehingga hal ini bertentangan dengan Hukum Islam dan Hukum Positif, dengan kata lain upah lebih banyak mudharatnya dibandingkan maslahahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2021 02:48
Last Modified: 05 Jul 2021 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

View Item View Item