TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI BATUPADAS DENGAN SISTEM BAGI HASIL ( Studi Di Desa Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah)

MAULIDA, ISMALIA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI BATUPADAS DENGAN SISTEM BAGI HASIL ( Studi Di Desa Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan akad yang umum digunakan oleh masyarakat, karena dalam setiap pemenuhan kebutuhannya, masyarakat tidak bisa meninggalkan akad ini. Mengenai masalah jual beli, maka harus mengetahui tentang adanya hukum-hukum dan aturan-aturan jual beli itu sendiri, apakah jual beli yang dilaksanakan sudah sesuai dengan hukum Islam atau belum. Di Desa Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah terjadi jual beli batu padas dengan sistem bagi hasil, di awal pelaksanaan akad tidak disebutkan persentase bagi hasil dari penjualan batu padas, setelah selesai penjualan dari batu padas, pemilik tanah mendapatkan 30% dari hasil penjualan batu padas, dan yang membeli batu padas mendapatkan 70% dari penjualan batu padas tersebut. Dalam hal ini tidak disebutkan dalam perjanjian di waktu akad, oleh sebab itu pemilik tanah merasa dirugikan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana praktik jual beli batu padas dalam sistem bagi hasil yang dilakukan di Desa Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Kedua, Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik jual beli batu padas dengan sistem bagi hasil di Desa Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejelas mungkin bagaimana praktik jual beli batu padas dalam sistem bagi hasil yang di lakukan di Desa Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah, dan untuk mengetahui sejelas mungkin persfektif hukum Islam tentang praktik jual beli batu padas dalam sistem bagi hasil yang dilakukan di Desa Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dimana hasil penelitiannya berupa uraian kalimat. Karena dapat memberikan kontribusi keilmuan serta memberikan pemahaman mengenai praktik jual beli batu padas dengan sistem bagi hasil dalam perspektif hukum Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa terjadinya praktik jualiii beli batu padas dalam sistem bagi hasil di lakukan oleh pihak pembeli dan penjual yaitu menggunakan syirkah mudharabah, dimana hasil penjualan keseluruhan dari batu padas tersebut dibagi 70%-30%. Transaksi jual beli dengan sistem bagi hasil yang dilakukan oleh masyarakat Sangun Ratu Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah di pandang tidak sah karena syarat objek dalam jual beli tidak terpenuhi. Seharusnya, ketetapan harga di sebutkan di awal perjanjian dalam jual beli, walaupun dari segi objek dan pihak yang berakad sudah memenuhi rukun dalam jual beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2021 02:26
Last Modified: 05 Jul 2021 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item