PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MA AL-IKHLAS SUMATERA SELATAN

ANGGUN, ASTARI URBACH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MA AL-IKHLAS SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi anggun.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik yang masih rendah dapat ditingkatkan dengan menciptakan nuansa pembelajaran yang lebih inovatif, salah satunyadengan menerapkan model pembelajaranDouble Loop Problem Solving (DLPS). Untuk itu dilakukan penelitian untuk mengetahui 1) Apakah terdapat perbedaan model Double Loop Problem Solving (DLPS) dengan model Discovery Learningterhadap kemampuan berpikir kritis di MA Al-Ikhlas Sumatera Selatan, 2) Apakah terdapat perbedaan model Double Loop Problem Solving (DLPS) dengan model Discovery Learningterhadap kemandirian belajar di MA Al-Ikhlas Sumatera Selatan, 3) Apakah terdapat perbedaan model Double Loop Problem Solving (DLPS) dengan model Discovery Learningterhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik secara bersama di MA Al-Ikhlas Sumatera Selatan.Metode penelitian kuantitatif desain posttest only control group design. Analisis data menggunakan uji Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model Double Loop Problem Solving (DLPS) dengan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan sig. 0,000<0,05, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model Double Loop Problem Solving (DLPS) dengan Discovery Learning terhadap kemandirian belajar peserta didik dengan sig. 0,002<0,05, 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model Double Loop Problem Solving (DLPS) dengan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik secara bersama dengan sig. 0.000<0.05. Pembelajaran dengan model Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat memberikan hasil kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model Discovery Learning. Kata kunci:Double Loop Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2021 08:39
Last Modified: 01 Jul 2021 08:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15013

Actions (login required)

View Item View Item