IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 PINANG JAYA BANDAR LAMPUNG

RIA, JUWITA (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 PINANG JAYA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1,BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIA JUWITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung”. Penelitian ini bermula dari rendahnya sikap sosial peserta didik. Sebagaiamana yang penulis lihat bahwa di sekolah tersebut khususnya kelas IV masih ada peserta didik yang telat masuk kelas, tidak mengenakan atribut atribut lengkap, makan saat berlangsungnya pembelajaran dan berbicara kasar kepada temannya. Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung dan peserta didik kelas IV SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. Validasi isi instrumen dilakukan dengan mengkonsultasikan kepada tim validator. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendidikan karakter seperti kegiatan rutin, spontan, dan keteladanan membuat peserta didik terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang positif sehingga dapat membentuk sikap sosial peserta didik. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara pendidikan karakter dengan melakukan kegiatan rutin yang religius, menanamkan jiwa nasionalis, melakukan tugas secara mandiri, saling gotong royong dan membantu sesama dalam hal kebaikan yang kemudian diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari dapat menumbuhkan sikap sosial yang berupa kejujuran, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri. Sehingga penerapan pendidikan karakter memiliki dampak yang baik terhadap sikap sosial dalam diri peserta didik. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Sikap Sosial. iiiThis study entitled "The Implementation of Character Education in Forming the Social Attitudes of Class IV Students of SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung". This research stems from the low social attitudes of students. As the authors see that in these schools, especially in grade IV, there are still students who are late in class, do not wear complete attributes, eat during learning and speak harshly to their friends. This thesis aims to determine the implementation of character education in the formation of social attitudes of fourth grade students of SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. This research is a qualitative descriptive study with a case study research design. The subjects in this study were the fourth grade teachers of SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung and the fourth grade students of SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. Validation of the contents of the instrument was carried out by consulting the validator team. Methods of data collection using interviews, questionnaires, and documentation. The results of this study indicate that through character education such as routine, spontaneous, and exemplary activities, students are accustomed to positive activities so that they can form students' social attitudes. So it can be concluded that there is an influence between character education by carrying out routine religious activities, instilling a nationalist spirit, doing tasks independently, mutual cooperation and helping others in terms of goodness which is then integrated into everyday life can foster social attitudes in the form of honesty. , discipline, responsibility, polite, caring and self-confidence. So that the application of character education has a good impact on social attitudes in students. ABSTRACT Keywords: Character Education, Social Attitudes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:29
Last Modified: 01 Jul 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15004

Actions (login required)

View Item View Item