KONSTRUKSI WACANA RADIKALISME DAN TERORISME DI HARIAN UMUM LAMPUNG POST: Analisis Wacana Kritis Van Djik Terhadap Pemberitaan Radikalisme dan Terorisme di Harian Umum Lampung Post

SITI, ALIYANA (2021) KONSTRUKSI WACANA RADIKALISME DAN TERORISME DI HARIAN UMUM LAMPUNG POST: Analisis Wacana Kritis Van Djik Terhadap Pemberitaan Radikalisme dan Terorisme di Harian Umum Lampung Post. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KONSTRUKSI WACANA RADIKALISME DAN TERORISME DI HARIAN UMUM LAMPUNG POST: Analisis Wacana Kritis Van Djik Terhadap Pemberitaan Radikalisme dan Terorisme di Harian Umum Lampung Post Radikalisme yang berujung pada terorisme menjadi masalah penting bagiumat Islam Indonesia dewasa ini. Dua isu itu telah menyebabkan Islam dicap agama teror dan umat Islam dianggap menyukai jalan kekerasan suci untuk menyebarkan agamanya. Sekalipun anggapan itu mudah dimentahkan, namun fakta bahwa pelaku teror di Indonesia adalah seorang Muslim garis keras sangat membebani psikologi umat Islam secara keseluruhan. Dari latar belakang di atas, ditemukan rumusan masalah bagaimana konstruksi wacana radikalisme dan terorisme pada harian umum Lampung Post dan Bagaimana situasi sosial dan politik yang melatarbelakangi konstruksi wacana radikalisme dan terorisme. Untuk menganalisa masalah yang diteliti, peneliti menggunakan Analisis Wacana model Teun A. Van Djik, yaitu meneliti beberapa dimensi dalam melihat sebuah wacana. Pertama, segi teks, dengan tujuan untuk melihat strategi representasi dari seseorang atau realitas tertentu dalam sebuah wacana. Kedua, segi kognisi sosial, melihat pemahaman penulis terhadap realitas tertentu yang akan ditulis. Ketiga, segi konteks sosial, bagaimana wacana yang berkembang dalam masyarakat, proses produksi dan reproduksi seseorang atau realitas digambarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini melakukan penelitian mendalam dengan mengumpulkan data yaitu pemberitaan radikalisme dan terorisme dengan melakukan wawancara dengan pihak terkait untuk mendapatkan data secara menyeluruh. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif, karena peneliti ingin menggambarkan dan menjelaskan wacana pemberitaan yang ada. Hasil penelitian, wacana yang dimunculkan Lampung Post mengenai aksi terorisme dan terorime cenderung memiliki citra buruk, dikategorisasikan sebagai gerakan terorisme, radikal, dan ekstremisme, secara tidak langsung mendelegitimasi kelompok tersebut. Secara kognisi sosial, wartawan lampung post menunjukkan rasa tidak simpatik terhadap kelompok radikalisme dan terorime. Secara konteks sosial, kelompok radikalisme dan terorisme dinilai sebagai ancaman bagi dunia, sebab segala bentuk kekerasan dan teror berdampak dengan tersudutkannya Islam. Keadaan ini meresahkan dan memprihatinkan khususnya bagi umat Muslim. Kata kunci: Konstruksi, Wacana, Radikalisme, Terorisme.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:19
Last Modified: 01 Jul 2021 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item