KONSEP MODERASI ISLAM PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KONTEMPORER

SYAFRI, SAMSUDIN (2021) KONSEP MODERASI ISLAM PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KONTEMPORER. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of REVISI SYAFRI SAMSUDIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak suku, golongan, ras dan agama, tentu sangat mudah terciptanya perpecahan didalamnya. Perpecahan bangsa Indonesia banyak bersumber dari ideologi-ideologi liberal dan ekstrimis yang masuk dalam ajaran Islam. Untuk melawan dua arus besar tersebut, saat ini pemerintah Indonesia tengah gencar-gencarnya untuk mewujudkan moderasi Islam. Pendidikan merupakan bagian penting dalam mewujudkan cita- cita moderat yang diusung pemerintah Indonesia. Penegasan tentang pentingnya memasukan materi moderasi pun ada dalam Undang- undang Nomor 3 Tahun 2017 yang menyebutkan bahwa penyelenggara sistem pembukuan berasaskan pada kebhinekaan, kebangsaan, kebersamaan, kenusantaraan, keadilan, gotong-royong dan kebebasan. Pemerintah terus menggalakkan program moderasi islam yang sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Kemenag telah menjabarkan moderasi beragama dalam Rencana Strategis (renstra) pembangunan di bidang keagamaan lima tahun mendatang. Pada konteks Indonesia saat ini, ada salah satu tokoh yang disebut-sebut sebagai mufasir moderat, yakni M. Quraish Shihab. Melalui banyak karyanya, tokoh mufasir Indonesia ini cukup terkenal sebagai ulama yang mengedepankan persatuan bangsa ditengah kemajemukan di Indonesia. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep moderasi islam perspektif Muhammad Quraish Shihab dan relevansinya terhadap pendidikan agama islam kontemporer. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan. Sumber data berdasarkan sumber data primer (pokok) dan sekunder (penunjang atau pendukung). Sifat penelitian berupa deskriptif kualitatif dimana metode yang berusaha menggambarkan dan mnginterpretasi objek sesuai apa adanya, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa M. Quraish Shihab melihat bahwa dalam moderasi (wasathiyyah) terdapat pilar-pilar penting. Pilar-pilar penting tersebut yaitu Keadlian ii(adalah), berkeseimbangan (tawazun), toleransi (tasāmuḥ) mengambil jalan tengah (tawassuth) musyawarah (syura). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa konsep moderasi islam perspektif M. Quraish Shihab menurut peneliti relevan dengan pendidikan agama islam kontemporer. Hal ini dibuktikan dengan adanya materi-materi pendidikan agama islam yang sesuai pada konsep moderasi islam perspektif M. Quraish shihab. Kata Kunci: Moderasi Islam, Pendidikan Agama Islam, M. Quraish Shihab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:06
Last Modified: 01 Jul 2021 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item View Item