PENGARUH PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD/MI BANDAR LAMPUNG

Adhe, Pertiwi Kurniasih (2021) PENGARUH PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD/MI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Adhe Pertiwi Kurniasih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran online merupakan hal yang baru untuk guru, wali murid dan murid. Mengingat peran guru tidak sepenuhnya dapat mengontrol langsung anak-anak didik maka perlu adanya pendampingan orangtua dalam hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu: 1) Mengetahui bagaimana pendampingan orang tua dalam mengawasi anak belajar dari rumah dalam proses pembelajaran online. 2) Ada tidaknya pengaruh pendampingan orang tua dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar matematika peseta didik kelas V di SDIT Tresna Asih Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mix methode dengan pendekatan concurrent embended (campuran tidak berimbang). Sampel pada penelitian ini adalah wali murid kelas V SDIT Tresna Asih. Adapun pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi. Hasil wawancara orangtua dalam proses mendampingi anak orangtua memberikan arahan bagaimana cara mengerjakan soal sesuai dengan perintah dari guru. Hasil analisis perhitungan uji korelasi dengan berbantuan program SPSS menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,673 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dasar pengambilan keputusan jika nilai signifikansi ˂ 0,05 maka berkorelasi, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendampingan dengan hasil belajar, dan nilai pearson correlation 0,673 memiliki hubungan korelasi yang kuat. Hasil uji regresi diperoleh koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,453 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Pendampingan orang tua) terhadap variabel terikat (Hasil belajar) adalah sebesar 45,3% sehingga dapat diartikan bahwa pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar matematika sebesar 45,3% sedangkan sisanya dapat dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata kunci: Pendampingan Orang Tua, Pembelajaran Online, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:02
Last Modified: 01 Jul 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14988

Actions (login required)

View Item View Item