PENGEMBANGAN PERMAINAN PUZZLE BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SD/MI

Dela, Resmayani (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN PUZZLE BERBASIS CONSTRUCT 2 PADA PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DELA RESMAYANI 1611100413.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB 1 dan 5 DELA RESMAYANI.docx] HTML
Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangkan media pembelajaran berupa Permainan Puzzle Berbasis Construct 2 Pada Pemahaman Konsep Bangun Datar, diharapkan dapat menjadi salah satu referensi, atau alternatif lain sebagai media pembelajaran pada peserta didik, dan pendidik. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D), yang mengacu pada model Borg and Gall yang telah dimodikasi oleh Sugiyono, penelitian ini dibatasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan dari permainan puzzle, dan mengetahui respons peserta didik, dan pendidik terhadap kemenarikan permainan puzzle, yaitu dengan menggunakan skala Likert yang dinilai oleh para ahli materi, media, dan bahasa. Hasil dari penelitian Pengembangan Permainan Puzzle Berbasis Construct 2 Pada Pemahaman Konsep Bangun Datar menunjukkan, bahwa produk layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pemerolehan skor penilaian dari ahli materi memdapatkan persentase 84,1%, dengan kriteria “Sangat Layak”. Skor penilaian dari ahli media memperoleh persentase 86, 25%, dengan kriteria “Sangat Layak”, dan skor penilaian dari ahli bahasa memperoleh persentase 80% dengan kriteria “Layak”. Pada uji coba peserta didik skala kecil mendapatkan persentase 97%, dengan kriteria “Sangat Menarik”, dan uji pendidik skala kecil mendapatkan persentase 86%, dengan kriteria “Sangat Menarik”, sedangkan uji coba skala besar mendapatkan persentase 89,4%, dengan kriteria “Sangat menarik”, dan uji coba pendidik skala besar mendapatkan persentase 87,5%, dengan kriteria “Sangat Menarik”. Hasil validasi para ahli materi, media, bahasa, dan uji coba, maka penulis dapat menyimpulkan, Permainan Puzzle Berbasis Construct 2 Pada Pemahaman Konsep Bangun Datar “Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran, Permainan Puzzle, Pemahaman Konsep Bangun Datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 06:03
Last Modified: 29 Jun 2021 06:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14963

Actions (login required)

View Item View Item