KOMPONEN-KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS PERSPEKTIF A. MALIK FADJAR

LAILATUL, FAJRIAH (2021) KOMPONEN-KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS PERSPEKTIF A. MALIK FADJAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of LAILATUL FAJRIAH PRIN 7X.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK KOMPONEN-KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS PERSPEKTIF A. MALIK FADJAR Oleh Lailatul Fajriah Pendidikan selama ini hanya membina kecerdasan intelektual dan keterampilan semata, tanpa diimbangi dengan membina kecerdasan emosional. Hal ini menimbulkan adanya dehumanisasi (penghilang harkat manusia). Oleh karena itu, pendidikan Islam humanis diharapkan dapat mengembalikan hati manusia yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan. A. Malik Fadjar adalah salah satu tokoh yang mengemukakan pendidikan Islam humanis yang terkenal dengan konsep pendidikannya yaitu pendidikan yang membebaskan. Penelitian ini merumuskan dua rumusan masalah, yaitu: 1. Bagaimana Pendidikan Islam Humanis menurut A. Malik Fadjar, 2. Bagaimana komponen Pendidikan Islam Humanis menurut A. Malik Fadjar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis konsep pendidikan Islam Humanis dan analisis komponen pendidikan Islam Humanis perspektif A. Malik Fadjar. Penelitian ini tergolong penelitian study pustaka(Library research). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dalam penelitian ini, penulis menggunakan content analysis (analisis isi), yaitu untuk mengeksplorasi konsep pendidikan Islam humanis dan komponen pendidikan Islam humanis perspektif A. Malik Fadjar. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan Islam Humanis perspektif A. Malik Fadjar adalah mamandang manusia sebagai manusia yaitu sebagai makhluk cipataan Tuhan dengan fitrah- fitrah tertentu. Selain itu didalam pendidikan Islam Humanis, A. Malik Fadjar juga menjelaskan bahwa adanya komponen-komponen pendidikan Islam Humanis diantaranya yaitu: Pertama, Guru/ Pendidik yang memproduksi sebuah pendidikan Humanis dimana seorang guru harus memperlakukan setiap orang sebagai individu dengan kebutuhan tertentu. Kedua, Anak didik/Peserta didik yaitu pihak yang membutuhkan bimbingan untuk melangsungkan hidup. Ketiga, Metode yaitu cara pendidik untuk mendorong peserta didik mempelajari segala kehidupannya di sekitar. Keempat, Lingkungan iiPendidikan yaitu suatu lembaga dimana pendidikan itu berlangsung. Kelima, kurikulum yang sering dikenal dengan integrated curiculum yaitu kurikulum yang meniadakan batas-batas antar mata pelajaran dan menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk unit atau keseluruhan. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Humanis. iiiABSTRACT COMPONENTS OF ISLAMIC HUMANIST EDUCATION PERSPECTIVE A. MALIK FADJAR By Lailatul Fajriah Education has only developed intellectual intelligence and skills, without being matched by building emotional intelligence. This has led to dehumanization (eliminating human dignity). Therefore, humanist Islamic education is expected to return the human heart which has human values. A. Malik Fadjar is one of the figures who put forward humanist Islamic education which is famous for its educational concept, namely education that liberates. This research formulates two problem formulations, namely: 1. How is Humanist Islamic education according to A. Malik Fadjar, 2. How is the component of Humanist Islamic education according to A. Malik Fadjar. This study aims to describe and analyze the concept of Humanist Islamic education and analysis of the components of Humanist Islamic education in the perspective of A. Malik Fadjar. This research is classified as library research. The data collection method used is the documentation method. Meanwhile, to analyze the data in this study, the authors used content analysis, namely to explore the concept of humanist Islamic education and the components of humanist Islamic education in the perspective of A. Malik Fadjar. The results of this study indicate that the perspective of A. Malik Fadjar's Humanist Islamic education is seeing humans as humans, namely as God's creation with certain characteristics. In addition, in Humanist Islamic education, A. Malik Fadjar also explained that there are components of Humanist Islamic education including: First, Teachers/ Educators who produce a Humanist education where a teacher must treat each person as an individual with certain needs. Second, students/ students, namely those who need guidance to carry on life. Third, the method is a way for educators to encourage students to learn all their lives around them. Fourth, the Educational Environment, which is an institution where education takes place. Fifth, the curriculum, which is often known as an ivintegrated curiculum, is a curriculum that removes boundaries between subjects and presents learning materials in units or whole. Keyword: Islamic education, Humanist.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:59
Last Modified: 29 Jun 2021 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14952

Actions (login required)

View Item View Item