ANALISIS ALIH FUNGSI LAHAN TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyaratakat Desa Kibang Mulya Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat)

Ria, Sari (2021) ANALISIS ALIH FUNGSI LAHAN TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Masyaratakat Desa Kibang Mulya Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPAI LENGKAP RIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia adalah negara dengan angka pertumbuhan penduduk yang tinggi, dengan angka pertumbuhan penduduk yang tinggi kebutuhan dan tempat tinggal juga tinggi. Hal tersebut juga harus diimbangi dengan ketersediaan lahan. Kebutuhan lahan untuk kegiatan non pertanian terus meningkat, kecendrungan tersebut menyebabkan alih fungsi lahan pertanian sulit dihindari. Alih fungsi lahan pertanian merupakan alternatif yang sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan papan. Seperti yang terjadi di desa Kibang Mulya Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat, di desa ini banyak terjadi fenomena di mana lahan pertanian dialih fungsikan menjadi kawasan perumahan dan perkebunan lainnya. Hal tersebut diawali dengan petani menjual lahan pertaniannya lalu kemudian dialih fungsikan. Dengan mengalihfungsikan lahannya tentu saja akan berhubungan dengan berubahnya pekerjaan dari sebelum dan sesudah menjual lahan pertanian, dengan demikian dapat pula mempengaruhi perubahan penghasilan petani. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimana dampak alih fungsi Lahan Pertanian terhadap tingkat penghasilan petani di desa Kibang Mulya Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat? Bagaimana Pandangan Perspektif Ekonomi Islam terhadap Alih Fungsi Lahan terhadap pendapatan penghasilan di desa Kibang Mulya Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang pendapatan alih fungsi lahan baik sesudah maupun sebelum yaitu petani dimungkinkan akan berubah status pekerjaannya dari yang sebelumnya adalah seorang petani menjadi pekerja lainnya seperti buruh, wiraswasta, pedagang, ternak, bengkel, warung dan toko sembako. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di desa Kibang Mulya Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah petani yang telah megalihfungsikan lahannya. Hasil dari penelitian ini adalah alih fungsi lahan pertanian yang memberikan dampak perubahan terhadap pekerjaan petani dengan cara mengalihfungsikan lahannya, dampak positif akibat alih fungsi lahan salah satunya mengalami kenaikan setelah menjual lahan garapannya. Hasil penelitian juga mengidentifikasikan adanya dampak negatif terhadap masyarakat setelah menjual lahan garapan mereka, pendapatan mereka mengalami penurunan hal tersebut dikarenakan setelah menjual lahan uang yang mereka peroleh digunakan untuk kebutuhan ekonomi. Dengan adanya pandangan ekonomi islam terhadap alih fungsi lahan memiliki nilai-nilai yang bersumber dari Al-Qur’an dan sunnah yang menjadi dasar pandangan hidup islam, selalu dipegang dalam menghadapi perkembangan zaman. Kata Kunci: Alih Fungsi Lahan, Penghasilan Petani

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:55
Last Modified: 29 Jun 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item