KONSEP PENDIDIKAN PRANIKAH DALAM ISLAM ( Studi Komparatif Pada Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Karya Abdullah Nashih Ulwan Dan Kitab Fathul Izar Karya Abdullah Fauzi)

INGGA, FANTRIA (2021) KONSEP PENDIDIKAN PRANIKAH DALAM ISLAM ( Studi Komparatif Pada Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Karya Abdullah Nashih Ulwan Dan Kitab Fathul Izar Karya Abdullah Fauzi). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL INGGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan pranikah ialah serangkaian kegiatan yang mengarah kepada suatu upaya proses pemahaman sebelum seseorang melangsungkan pernikahan. Yang mana semenjak ia memulai, memilih serta mencari jodoh sampai pada saat setelah terjadinya pembuahan dalam Rahim seorang Ibu. Seseorang juga dirasa perlu agar mengetahui persoalan-persoalan rumah tangga, jauh sebelum melaksanakan pernikahan dengan tujuan kelak akan dapat melaksanakannya dengan baik. Oleh sebab itu, dibutuhkan pola atau aturan berupa pendidikan. Dalam pelaksanaannya, pendidikan sendiri ialah sebuah tanggung jawab bersama antara keluarga, sekolah serta masyarakat. Termasuk pendidikan pranikah yang menjadi bagian dari bidang pendidikan. Serta fokus penelitian ini ialah, 1). Mengetahui konsep pendidikan pranikah dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Fathul Izar. 2). Mengetahui komparasi konsep pendidikan pranikah dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Fathul Izar. 3). Mengetahui relevansi konsep pendidikan pranikah terhadap pendidikan Islam. Dan penelitian ini bertujuan untuk membentuk serta mendeskripsikan kedua hal tersebut. Sedangkan metode yang penulis gunakan untuk menjawab permasalahan yang ingin penulis teliti yakni metode Study Pustaka (library Research). Adapun tekhnik pengumpulan data ini menggunakan serangkaian metode yang dilakukan secara sistematis terhadap catatan-catatan atau dokumen sebagai sumber data, sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan content analysis (analisis konten). Selain itu juga menggunakan study konsep komparasi secara konstan (constant Comparative Analysis), yang mana dinamakan sebagai suatu prosedur komparasi untuk mecermati padu tidaknya data dengan konsep-konsep yang dikembangkan untuk mempresentasikannya. Hasil penelitian itu sendiri menunjukkan bahwa, 1). Konsep pendidikan pranikah dalam Islam memiliki 3 tahap, seperti berikut: (a). Ketika memilih jodoh atau tahap seseorang dalam memahami apa saja yang harus diketahuinya sebelum pernikahan dilangsungkan. (b). Konsepsi mengenai membangun rumah tangga, termasuk pemenuhan atas hak-hak suami dan istri. (c). Pandangan mengenai anak, sesuai tujuan pernikahan yang salah satunya ialah sebagai pelestarian keturunan. 2). Komparasi konsep pendiidkan pranikah didasarkan pada poin yang ada pada kedua kitab tersebut yakni maksud dan isi, anjuran, tujuan dan fungsi, memilih pasangan. 3). Adanya relevansi pendidikan pranikah terhadap pendidikan Islam, aik dari segi pengertian pendidikan secara umum, sumber dan tujuan pendidikan. Kata Kunci: Konsep, Pendidikan Pranikah, Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:07
Last Modified: 29 Jun 2021 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item View Item