PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT JALALUDDIN RAKHMAT DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN

SITI, ROHMA (2021) PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT JALALUDDIN RAKHMAT DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI ROHMA - Copy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT JALALUDDIN RAKHMAT DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN Oleh: Siti Rohma Pendidikan spiritual memegang peranan penting di tengah-tengah prilaku masyarakat yang majemuk, plural dan heterogen. Dengan adanya pendidikan spiritual, manusia akan lebih terarah kepada tujuan hidup yang sesungguhnya.Seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi dapat dipastikan memiliki akhlak yang baik, mampu memaknai penderitaan hidup dan mampu berpikir positif dan melakukan perbuatan atau tindakan positif di setiap masalah yang tengah dihadapinya. Penelitian ini untuk mengetahui 1) Bagaimana tujuan pendidikan spiritual menurut Jalaluddin Rakhmat dan Ary Ginanjar Agustian? 2) Bagaimana materi pendidikan spiritual menurut Jalaluddin Rakhmat dan Ary Ginanjar Agustian? 3) Bagaimana metode pendidikan spiritual menurut Jalaluddin Rakhmat dan Ary Ginanjar Agustian? Penelitian ini adalah, penelitian kepustakaan, adapun yang dimaksud library research yaitu proses kegiatan menelaah dan membaca bahan-bahan pustaka, seperti buku-buku atau dokumen-dokumen yang ada diperpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analisis kualitatif, karena bertujuan membuat secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta. Berdasarkan sifat penelitian ini penulis akan menggali data dari buku-buku yang berkaitan dengan judul penulis. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). teknik analisis ini merupakan suatu kesimpulan yang benar adanya dari sebuah buku atau dokumen, dan juga merupakan teknik untuk menemukan karakteristik pesan, yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Dari hasil penelitian yang diproleh bahwa (1) Tujuan pendidikan spiritual menurut Jalaluddin Rakhmat dan Ary Ginanjar Agustian. Tujuan pendidikan spiritual menurut Jalaluddin Rakhmat adalah melatih diri anak untuk menemukan kebahagiaan dunia dan akhirat. Dan menurut Ary Ginanjar pendidikan spiritual adalah pendidikan yang mengajarkan kepada kita untuk selalu berfikir positif. (2) Materi pendidikan spiritual menurut Jalaluddin rakhmat dan Ary Ginanjar. materi Jalaluddin Rakhmat yaitu: Al-qur’an, kisah-kisah teladan, puisi dan lagu spiritual, alam, kehidupan sosial dalam masyarakat, dan ibadah ritual. Materi Ary Ginanjar Agustian, yaitu: 1 Ihsan, 6 Rukun Iman, 5 Rukun Islam. (3) Metode pendidikan spiritual menurut jalaluddin Rakhmat dan Ary Ginanjar, Metode Jalaluddin Rakhmat yaitu: menjadi spiritual yang baik untuk anak, membantu anak merumuskan misi hidupnya, mengajarkan anak membaca Al-qur’an dan maknanya, menceritakan kisah agung spiritual, mendiskusikan persoalan secara ruhaniah, melibatkan anak dalam ritual keagamaan, membacakan puisi atau lagu spiritual, menikmati keindahan alam, membawa anak ketempat orang-orang menderita, mengikut sertakan anak dalamkegiatan sosial. Metode Ary Ginanjar: syahadat, puasa, sholat, zakat dan haji. Kata Kunci: Pendidikan Spiritual, Tujuan, Materi dan Metode Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:03
Last Modified: 29 Jun 2021 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14935

Actions (login required)

View Item View Item