PENGARUH MODEL D-TAI (DISCOVERY WITH TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBASIS PERFORMANCE ASSESMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR ANALISIS

Tia, Annisa Safitri T (2021) PENGARUH MODEL D-TAI (DISCOVERY WITH TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBASIS PERFORMANCE ASSESMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR ANALISIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB 2, DAPUS  TIA ANNISA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Tia Annisa FUUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENGARUH MODEL D-TAI (DISCOVERY WITH TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBASIS PERFORMANCE ASSESMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS Oleh Tia Annisa Safitri T NPM : 1611060186 ABSTRAK Penelitian yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model D-TAI (Discovery With Team Assisted Individualization) berbasis Performance Assesment terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik di SMA N 3 Kota Bumi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan perlakukan prettest-posttest only control group design. Peneliti menggunakan 2 kelas penelitian yang dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini ada peserta didik kelas X di SMA N 3 Kota Bumi. Peserta didik kelas X IPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, lembar observasai dan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di uji dengan menggunakan uji Independent T-Test dengan menggunakan SPSS Versi 23 dan MS Excel. Data penelitian yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis, hasil analisis data penelitian menunjukan bahwasanya hasil perolehan lembar observasi yaitu Ttabel α (0,05) < Thitung atau Thitung > Ttabel dimana Thitung sebesar 3,674 dan Ttabel 1,994 yang artinya Hi diterima dan HO ditolak. Pada hasil belajar dari kelas eksperimen yang dianalisis dengan menggunakan SPSS juga menunjukan bahwa nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kemampuan berpikir analisis peserta didik anatara kelas X IPA I selaku kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 selaku kelas kontrol. Maka berdasarkan dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model D-TAI (Discovery With Team Assisted Individualization) vberbasis Performance Assesment terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik di kelas X IPA 1. Kata Kunci : Model D-TAI, Berpikir Analisis, Performance Assessment

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:41
Last Modified: 28 Jun 2021 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14932

Actions (login required)

View Item View Item