WINDA, AGUSTINA (2021) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 BLAMBANGAN UMPU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF
Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 BLAMBANGAN UMPU Oleh Winda Agustina Rendahnya keterampilan komunikasi serta kemampuan metakognisi peserta didik di sekolah dikarenakan proses pembelajaran yang masih teacher centered, dimana proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik sehingga menyebabkan peserta didik menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran science, technology, engineering and mathematics berbasis edmodo terhadap kemampuan metakognisi dan keterampilan komunikasi pseserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Blambangan Umpu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Posstest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Blambangan Umpu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes uraian (essay), angket kemampuan metakognisi dan lembar observasi keterampilan komunikasi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara umum pendekatan pembelajaran science, technology, engineering and mathematics berbasis edmodo terhadap kemampuan metakognisi dan keterampilan komunikasi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Blambangan Umpu menunjukan adanya peningkatan dalam kemampuan metakognisi dan keterampilan komunikasi peserta didik. Data hasil analisis di uji hipotesis, pada uji MANOVA kemampuan metakognisi diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan FHitung(26,280) > FTabel(3,995), sedangkan uji MANOVA keterampilan komunikasi diperoleh sig. 0,000 < 0,05 dengan Fhitung(75.992) > FTabel(3,995) Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan pembelajaran science, technology, engineering and mathematics memberikan pengaruh yang baik terhadap kemampuan metakognisi dan keterampilan komunikasi peserta didik. Kata Kunci : Edmodo, Kemampuan Metakognisi, Keterampilan Komunikasi, Pendekatan Pembelajaran STEM
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 04:16 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 04:16 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14925 |
Actions (login required)
View Item |