PENGEMBANGAN MEDIAGAME EDUKASI PUZZLE BIOLOGI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X DI TINGKAT SMA

PUTRI, WIWIN HANDAYANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIAGAME EDUKASI PUZZLE BIOLOGI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X DI TINGKAT SMA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi lengkap[ PUTRI WIWIN HANDAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT PUTRI WIWIN HANDAYANI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PUZZLE BIOLOGI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X DI TINGKAT SMA Oleh Putri Wiwin Handayani Penelitian yang dilakukan ditujukan guna mengembangkan game edukasi puzzle biologi. Dalam hal ini pengembangan yang dilakukan diharapkan mampu untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didikkelas X pada materi virus. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, serta keefektifan game edukasi puzzle biologi berbasis android.Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan prosedur Brog and Gall sampai pada tahapan 9. Berdasarkan hasil penilaian yang didapatkan dari beberapa ahli, persentase validasi dari ahli media sebesar 98,91%, validasi ahli bahasa sebesar 92,05%, validasi ahli materi sebesar 98,5%, serta respon peserta didik sebesar 85,75% dengan kriteria seluruhnya ―sangat layak‖. Lalu keefektifan pada media dilihat berdasarkan hasil uji t Independent thitung = 5,57> ttabel = 1,71 dengan jumlah rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,64 dan kelas kontrol sebesar 0,40. berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media game edukasi puzzle biologi berbasis android pada materi virus dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Kata kunci : Biologi, Media Game Edukasi, Puzzle, Kemampuan Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:58
Last Modified: 28 Jun 2021 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14920

Actions (login required)

View Item View Item