PENGARUH MODEL ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE (ECIRR) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

LISMA, PELITA (2021) PENGARUH MODEL ELICIT, CONFRONT, IDENTIFY, RESOLVE, REINFORCE (ECIRR) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI LISMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER BAB 1,2,DAPUS LISMA.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fakta dilapangan menyatakan bahwa terdapat peserta didik mengalami miskonsepsi pada mata pelajaran biologi. Sehingga perlu adanya reduksi miskonsepsi agar pemahaman peserta didik menjadi lebih baik, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen desain the matching only pretest-postest control group design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis. Jenis tes yang digunakan adalah Two Tier Multiple Choice (TTMC) dengan Certainty Of Response Index (CRI). Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yaitu 0,000<0,005. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik kelas XI pada mata pelajaran biologi. Kata Kunci: Elicit, Confornt, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR), Reduksi, Miskonsepsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:52
Last Modified: 28 Jun 2021 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item View Item