IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOTA TANPA KUMUH PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSOALAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Di Kelurahan Karang Maritim Panjang)

MARISA, INTAN LESTARI (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOTA TANPA KUMUH PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSOALAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Di Kelurahan Karang Maritim Panjang). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MARISA INTAN LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOTA TANPA KUMUH PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSOALAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Di Kelurahan Karang Maritim Panjang) Oleh MARISA INTAN LESTARI Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) merupakan program pemerintah yang dilaksanakan secara nasional di 271 kabupaten/kota di 34 Provinsi yang menjadi “platform kolaborasi” atau berbasis penanganan permukiman kumuh menjadi permukiman yang layak huni. Kelurahan Karang Maritim terletak di Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung dan terdiri dari tiga lingkungan. Kelurahan Karang Maritim menjadi salah satu kelurahan yang mendapatkan peningkatan kualitas permukiman kumuh melalui program tersebut. Permasalahan pada program KOTAKU ini yaitu pada drainase yang keadaannya sudah rusak dan kurangnya ketersediaan penampungan air bersih. Kemudian tidak tersedianya Mandi, Cuci, Kakus (MCK) umum yang layak digunakan yang mengakibatkan masyarakat yang tinggal disana menggunakan MCK yang dapat mencemari ekosistem pantai. Program KOTAKU bertujuan meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar dipermukiman kumuh dan mendukung terwujudnya permukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan melalui revitalisasi peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) atau Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM). Metode yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) di Kelurahan Karang Maritim Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pada penelitian ini terdapat 2 informan dan 12 responden dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impelementasi kebijakan program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Pemerintah Kota Bandar Lampung Dalam Persoalan Lingkungan di Kelurahan Karang Maritim berjalan dengan baik sesuai dengan Surat Edaran tentang Pedoman Umum KOTAKU Nomor: 40/SE/DC/2016 dan sumber daya manusia serta fasilitas yang sudah memadai. Kata Kunci : Implementasi Program KOTAKU dan Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:17
Last Modified: 28 Jun 2021 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14907

Actions (login required)

View Item View Item