TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK KERJASAMA DALAM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK KAMPUNG (Studi pada Kampung Karya Jaya Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan)

YEYEN, ZULAIHA (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK KERJASAMA DALAM PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK KAMPUNG (Studi pada Kampung Karya Jaya Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL YEYEN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 bahwa desa disarankan untuk memiliki suatu badan usaha yang berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dari hal tersebut kemudian pemerintah kampung Karya Jaya mendirikan BUMKam yang diharapkan mampu membantu mensejahterakan masyarakat. Begitupun yang terjadi dalam praktik kerjasama pada Badan Usaha Milik Kampung di Kampung Karya Jaya Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan. Badan Usaha Milik Kampung ini dibentuk pada tahun 2017. Jenis usaha yang didirikan pada usaha ini adalah perternakan kambing. Pemilik usaha memberikan modal usaha nya kepada pengelola untuk dijadikan usaha perternak kambing. Pada akad diawal perjanjian yang disepakati pemilik usaha dan pengelola yaitu pembagian hasil 50:50 dan pengelola modal tidak dibebankan tanggungan pembiayaan apapun terkecuali tenaga dan keahlian pengelola, Namun dalam praktiknya adalah terjadinya ketidak adilan dalam suatu akad diawal, dimana pembagian hasil 50:50 menjadi 60:40 begitupun pemilik usaha yang mengalihkan hak dan kewajibannya kepada pengelola modal dengan dibebankan tanggungan pembiayaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik kerjasama dalam pengelola badan usaha milik kampung di Kampung Karya Jaya Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik kerjasama dalam pengelola badan usaha milik kampung Karya Jaya Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan Field research sedangkan untuk sifatnya penelitian ini menggunakan deskriptif analisis yaitu bertujuan untuk memecahkan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data informasi secara aktual dan terperinci untuk menggambarkan suatu gejala yang ada sesuai dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data dalam peneltia ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi Karya Jaya Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan. Kemudian semua data tersebut digunakan untuk mendeskripsikan praktik kerjasama dalam pengelolaan Badan Usaha Milik kampung yang ditinjau secara hukum Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengalihan atas pembayaran yang seharusnya tidak dibebankan oleh pengelola modal. Hal yang dilakukan oleh pemilik modal tentang mengalihkan hak dan kewajiban akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar sehingga pengelola modal merasa terdzalimi dengan apa yang dilakukan oleh pemilik modal. Menurut hukum Islam pengalihan hak dan kewajiban yang dilakukan oleh pemilik modal itu tidak diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:56
Last Modified: 28 Jun 2021 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14896

Actions (login required)

View Item View Item