PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

IFAN, HANAFI (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of UJIAN TERBUKA IFAN_lENGKAP 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN DI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU Oleh : Ifan Hanafi Perkembangan pembelajaran al Qur’an yang bantu dengan maraknya lembaga pendidikan Qur’an yang sangat baik di sekitar Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu mengakibatkan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar, sehingga meningkatkan kualitas seorang santri dalam membaca al Qur’an. Metode peelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif, untuk pengumpulan data nya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangnkan dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan yang paling akhir dalam metodologi penelitian untuk menguji keabasahan datanya yaitu menggunakan uji Trianggulasi data. Adapun hasil penelitiannya pertama, metode yang digunakan di Kecamatan Gadingrejo yaitu metode Turutan (Baghdadiyah), Iqro’ dan Yanbu’ dalam proses pembelajaran baca Qur’an. Sedangkan penerapanya setiap metode mempunyai khas masing- masing, untuk metode turutan (Baghdadiyah) yaitu dengan mengeja huruf per huruf, kemudian Iqro’ yaitu menekankan pada cara belajar santri aktif (CBSA), adapun yang terakhir metode yanbu’ yaitu dengan belajar cepat dan tepat tidak mengeja. Untuk kelebihannya memang metode turutan mengenal huruf asli, Iqro’ terkenal dengan simpel dan yanbu menggunakan rosm usmany riwayat Imam Hafs. Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembejaran antara lain motivasi, akhlak, kecerdasan, sarpras dan lingkungan sekitar, sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode yaitu mempercepat santri untuk belajar al Qur’an dan kurangnya diklat atau pelatihan bagi setiap Asatid di setiap lembaga. Kunci : Metode, Pembelajaran, Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:28
Last Modified: 25 Jun 2021 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item View Item