PENGARUH KINERJA GURU DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP N 2 RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR

VERA AYU, PUSPITA (2021) PENGARUH KINERJA GURU DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP N 2 RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS sidang terbuka vera ayu puspita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KINERJA GURU DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMP N 2 RAMAN UTARA LAMPUNG TIMUR Oleh Vera Ayu Puspita Keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil yang dicapai siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain fasilitas belajar dan kinerja guru. Siswa yang memiliki fasilitas di rumah lengkap dan di dukung dengan kinerja guru yang tinggi, cenderung mempunyai kenyamanan dalam belajar yang lebih baik sehingga dapat meraih hasil belajar seperti apa yang diharapkan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya; a) Pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar PAI SMP N 2 Raman Utara Lampung Timur. b) Pengaruh fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar PAI SMP N 2 Raman Utara Lampung Timur c) Pengaruh kinerja guru dan fasilitas belajar di rumah secara simultan terhadap hasil belajar PAI SMP N 2 Raman Utara Lampung Timur. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang beragama islam di SMP N 2 Raman Utara Lampung Timur yang berjumlah 72 orang. Seluruh anggota populasi menjadi sampel dalam penelitian ini (total sampling/sample jenuh). Metode pengumpulan data yaitu angket, dokumentasi, dan tes, kemudian analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan uji regresi linear berganda dengan bantuan program spss versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) Terdapat pengaruh yang positf dan signifikan antara kinerja guru terhadap hasil belajar PAI dibuktikan dengan nilai sig. X1 < 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai t hitung 6,759 < t table 1,994; lebih besar dari t table dengan taraf kesalahan 5 %. b) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar PAI dibuktikan dengan nilai sig. X2 < 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai t hitung 6,018 < t table 1,994; lebih besar dari t table dengan taraf kesalahan 5 %. c) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan kinerja guru dan fasilitas belajar terhadap hasil PAI dibuktikan dengan nilai sig. f < 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai f hitung 97,406 > f table 3,13 lebih besar dari f table dengan taraf kesalahan 5 %. Kontribusi pengaruh kinerja guru dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar PAI sebesar 73,1% . Kesimpulan dari penelitian terdapat pengaruh yang positf dan signifikan antara kinerja guru terhadap hasil belajar PAI, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar PAI, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan kinerja guru dan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil PAI. Kata Kunci : Kinerja Guru, Fasilitas Belajar Di Rumah, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2021 07:24
Last Modified: 24 Jun 2021 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14860

Actions (login required)

View Item View Item