PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP SIKAP ILMIAH SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 NEGARA RATU

M. RIFQI, INFANTRIO (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP SIKAP ILMIAH SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 3 NEGARA RATU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya sikap ilmiah peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, rendahnya sikap ilmiah peserta didik dipengaruhi beberapa faktor diantaranya permasalahan yang dialami oleh peserta didik itu sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap sikap ilmiah peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen (quasy experimental research). Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Negara Ratu pada Kelas V. Hasil penelitian Berdasarkan Berdasarkan hasil uji t hipotesis dari hasil postest kelas kontrol sebesar 72,1 dan kelas eksperimen sebesar 81,20 dengan taraf signifikan 0,05 memperoleh thitung = 3,506 sedangkan ttabel(0,05) = 2,005. Dengan demikian kriteria uji H1 diterima apabila thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sikap ilmiah peserta didik dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Kata Kunci : Project Based Learning, Pembelajaran Berbasis Proyek, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2021 06:57
Last Modified: 24 Jun 2021 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14857

Actions (login required)

View Item View Item