EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SYELA, NABILA (2021) EFEKTIFITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYELA NABILA 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran aktivitas guru dalam pembelajaran PAI di SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung Kelas VIII dengan menggunakan pendekatan saintifik dan mengetahui aktivitas peserta didik dalam pembelajaran PAI serta mengetahui Efektifitas Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran PAI di SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas kelas VIII di SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara acak kelas/Cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas, VIII B kelas eksperimen, VII D kelas Kontrol. Pengujian Hipotesis menggunakan analisis Uji-t, Hasil Uji hipotesis menggunakan Uji-t Dari hasil perhitungan diperole thitung = 2,50 sedangkan dari tabel t untuk taraf signifikan 0,05 diketahui ttabel = 2,00. Ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 thitung > ttabel, maka Ho ditolak atau rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menerapkan pendekatan santifik lebih tinggi rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menerapkan pendekatan pembelajaran Konvensional. Hasil uji efektifitas menggunakan uji Effect Size maka diperoleh hasil sebesar 0,4 yang berarti sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwasanya pendekatan saintifik efektiv dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pesertadidik Diperoleh kesimpulan (1) penggunaan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran PAI (2) Dari perlakuan yang diberikan terdapat perbedaan hasil posttets, dimana kelas eksperimen memiliki rata rata yang lebih tinggi yaitu 70,16 dan kelas kontrol memiliki rata-rata yang lebih rendah yaitu 57,52. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan berpikir kreatif, Pendidikan Agama Islamiv ABSTRACT The purpose of this study was to obtain an overview of teacher activities in PAI learning at SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung Class VIII by using a scientific approach and knowing the activities of students in PAI learning and knowing the Effectiveness of the Scientific Approach to Creative Thinking Ability in PAI Subjects at SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Using the Quasi Experiment Design research method. The population in this study were all class VIII students at SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. The sampling technique in this study was by random class/cluster random sampling. The sample in this study used 2 classes, VIII B experimental class, VII D control class. Hypothesis testing results using t-test From the calculation results obtained tcount = 2.50 while from table t for a significant level of 0.05 it is known ttable = 2.00. This shows that at a significant level of 0.05 tcount > ttable, then Ho is rejected or the average creative thinking ability of students who apply the scientific approach is higher than the average creative thinking ability of students who apply the conventional learning approach. The results of the effectiveness test using the Effect Size test, the results obtained are 0.4 which means moderate. It can be concluded that the scientific approach is effective in improving students' creative thinking skills. The conclusions are (1) the use of a scientific approach is effective in improving creative thinking skills in PAI subjects (2) From the treatment given there are differences in posttest results, where the experimental class has an average which is higher is 70.16 and the control class has a lower average of 57.52. Keywords: Scientific Approach, Creative thinking ability, Islamic education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:50
Last Modified: 24 Jun 2021 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14853

Actions (login required)

View Item View Item