PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

M.IRHAMMUDIN, DAWAMI (2021) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL M. IRHAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung memiliki fasilitas di dalamnya yang sudah sangat membantu peserta didik maupun pendidik untuk menambah ilmu pengetahuan dan menjadikan bahan koleksi perpustakaan sebagai referensi guna memperlancar proses belajar mengajar. Namun, meskipun perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung memiliki kelengkapan fasilitas dan bahan koleksi yang memadai, pengunjung yang datang keperpustakaan masih sangat jarang dan sedikit, ini menjadi daya tarik bagi peneliti untuk mengetahui sejarah mana pemanfaatan perpustakaan sekolah yang ada di SMP Muhammadiyah 3 tersebut dalam melaksanakan fungsinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu 1 orang petugas perpustakaan, pendidik, peserta didik, kondisi dan kegiatan yang terjadi di dalam perpustakaan serta masyarakat sekolah yang memanfaatkan perpustakaan SMP Muhammadiyah 3. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung memiliki perpustakaan yang telah melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya, dimana perpustakaan memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif dan tanggung jawab. Pada fungsi edukatif, pendidik dan peserta didik dapat menggunakan fasilitas dan koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar dan penunjang serta memperlancar proses pembelajaran. Fungsi rekreatif dirasakan oleh peserta didik pada saat merasakan bosan selama pembelajaran dalam kelas, dengan adanya perpustakaan dan koleksi yang bermacam-macam maka peserta didik merasa terhibur. Fungsi informative dimanfaatkan oleh peserta didik untuk mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan selain dari pendidik. Selain itu peserta didik dituntut untut mempertanggung jawabkan koleksi perpustakaan yang dipinjam dan ini merupakan fungsi tanggung jawab dari sebuah perpustakaan. Kata kunci:Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam, SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:46
Last Modified: 23 Jun 2021 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14848

Actions (login required)

View Item View Item