ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 MARGADADI

ABDUL, WAHID (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 MARGADADI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Model active learning merupakan suatu proses pembelajaran yang bertujuan untuk memberdayakan kemampuan peserta didik secara optimal dengan menggunakan berbagai cara/strategi secara aktif. Pembelajaran aktif (active learning) merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktivitas peserta didik dalam mengakses berbagai informasi dan pengetahuan untuk diasah dan dikaji dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga mereka mendapatkan berbagai pengalaman yang dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensinya. Agar peserta didik dapat belajar dengan baik di lingkungannya maka sangat dibutuhkan peran guru untuk membantu mereka, karena guru sebagai pendidik untuk mencerdaskan dan memperbaiki akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 3 Margadadi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif (Kualitatif Deskriptif). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, temuan data hasil penelitian dianalisis melalui serangkaian analisis kualitatif, seperti melalukan pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan, bahwa metode active learning dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV SDN 3 Margadadi mempunyai efektifitas yang cukup besar. Kemampuan guru memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa dan memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial saat pembelajaran. Hal ini terbukti dengan ketertarikan dan keaktifan siswa kepada proses pembelajaran hingga melahirkan motivasi untuk mempelajari materi pelajaran. Hal ini menjadi keniscayaan mengingat dalam metode active learning para siswa banyak berdiskusi dan mengeluarkan pendapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:32
Last Modified: 23 Jun 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item View Item