PENGARUH BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIS

DEWI, ROSITA (2021) PENGARUH BLENDED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DEWI ROSITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan untuk dikuasai oleh peserta didik sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematis peserta didik kelas VIII MTs GUPPI 03 Belanga, hal ini ditunjukan oleh nilai ulangan peserta didik. Peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM (nilai 70) sebanyak 10 dari 94 peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan blended learning dengan pendekatan metaphorical thinking.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (blended learning dengan pendekatan metaphorical thinking) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, pengaruh (blended learning dengan pendekatan metaphorical thinking) untuk meningkatkan motivasi belajar, dan pengaruh (blended learning dengan pendekatan metaphorical thinking) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII C MTs GUPPI 03 Belanga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh (blended learning dengan pendekatan metaphorical thinking) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, (2) terdapat pengaruh (blended learning dengan pendekatan metaphorical thinking) untuk meningkatkan motivasi belajar, dan (3) terdapat pengaruh (blended learning dengan pendekatan metaphorical thinking) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematis. Kata Kunci : Blended Learning, Pendekatan Metaphorical Thinking, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:25
Last Modified: 23 Jun 2021 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item