AKAD SEWA MENYEWA KENDARAAN OPERASIONAL DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Pada PT Adi Sarana Armada dengan PT Columbus Multi Sarana)

Rif’ad, Fikri Hical (2021) AKAD SEWA MENYEWA KENDARAAN OPERASIONAL DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Pada PT Adi Sarana Armada dengan PT Columbus Multi Sarana). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Rif’ad Fikri Hical.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSRTRAK Sewa menyewa merupakan solusi dalam memanfaatkan kenikmatan suatu barang jika keterbatasan dalam memiliki suatu barang tersebut. Salah satu contoh pihak yang melakukan sewa menyewa adalah PT Adi Sarana Armada (ASSA) dan PT Columbus Multi Sarana (Columbus). ASSA merupakan perusahaan yang menyediakan layanan sewa kendaraan untuk memenuhi kebutuhan operasional korporasi dan instansi pemerintah. Columbus merupakan perusahaan yang saat ini masih aktif menyewa kendaraan di ASSA. Sewa menyewa yang dilakukan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh ASSA, dan segala ketentuan sewa menyewa tertuang dalam perjanjian sewa kendaraan yang telah disetujui oleh ASSA dan Columbus. Pada pelaksanaannya, Columbus mengembalikan kendaraan sebelum waktu yang telah disepakati. Upaya penyelesaiannya dengan mengganti biaya sewa dengan ketentuan pembayaran yang telah ditetapkan oleh ASSA. Rumusan masalah yang akan diteliti adalah bagaimana akad sewa menyewa kendaraan operasional yang dilakukan oleh ASSA dan Columbus, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang mengganti biaya sewa dari pengembalian kendaraan sebelum waktu yang disepakati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akad sewa menyewa kendaraan operasional yang dilakukan ASSA dan Columbus, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang pengembalian kendaraan dengan dikenakan mengganti biaya sewa dari waktu sewa yang tersisa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis untuk mengkaji data yang diperoleh dari penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara dan sumber referensi dari dokumen maupun buku-buku yang terkait dengan penelitian ini. Pengolahan data melalui editing, sistemating, dan analisa data. Analisa data yang digunakan dengan pendekatan berfikir secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa akad sewa menyewa kendaraan operasional dilakukan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh ASSA dengan saling menyetujui isi perjanjian. Namun terdapat permasalahan pelaksanaan sewa yaitu pengembalian kendaraan sebelum waktu yang telah disepakati. Upaya penyelesaiannya dengan mengganti biaya sewa dengan ketentuan pembayaran sisa waktu sewa x (kali) 25% dari harga sewa perbulan. Tinjauan Hukum Islam tentang mengganti biaya sewa dari pengembalian kendaraan sebelum waktu yang disepakati tidak memenuhi unsur rukun dan syarat untuk mengambil manfaat dari objek yang disewakan, karena kendaraan telah dikembalikan namun diwajibkan membayar ganti biaya sewa. Sehingga sewa menyewa tersebut berakhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:24
Last Modified: 23 Jun 2021 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14842

Actions (login required)

View Item View Item