PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X SMA

FIRSTY, SHAFIRA KIRANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi firty.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X SMA Oleh Firsty Shafira Kirana Penelitian ini di latar belakangi oleh Pemahaman Konsep dan Self Efficacy peserta didik di SMA Negeri 4 Metro yang masih rendah, guru belum menerapkan model pembelajaran yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap peningkatan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy peserta didik kelas X di SMA Negeri 4 Metro. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan dengan desain The Matching Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (Pretest dan Posttest), angket, dan Dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Uji Multivariate (Manova) dengan memperoleh nilai sig. 0,00 maka sesuai dengan kriteria Uji Multivariate (Manova) berarti H1 diterima, artinya model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) berpengaruh terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy. Sedangkan untuk uji Between Subjects Effects memperoleh data Pemahaman Konsep dengan nilai sig. 0.0000 dan data Self Efficacy menunjukkan bahwa nilai sig. 0.0000 maka sesuai dengan H1 diterima, artinya model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy peserta didik pada materi Biologi kelas X di SMA Negeri 4 Metro. Kata Kunci: Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), Pemahaman Konsep, Self Efficacy, Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:22
Last Modified: 23 Jun 2021 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14841

Actions (login required)

View Item View Item