PENGARUH METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH TANGKIT BATU NATAR

Nanik, Wulandar (2021) PENGARUH METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI MUHAMMADIYAH TANGKIT BATU NATAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP NANIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti diketahui bahwa kemampuan pemahaman anak dalam menyerap materi pelajaran IPS tergolong rendah, sehingga penguasaan materi konsep IPS anak masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode two stay two stray terhadap pemahaman konsep ilmu pengetahuan sosial peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah Tangkit batu Natar Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simpel random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Data penelitian yang digunakan yaitu tertulis berupa pilihan ganda berjumlah 30 butir soal dan dihitung validitas, tingkat kesukaran, dan realibilitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t, sebelum dilakukan uji-t data diuji prasyarat analisinya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan normalitas, homogenitas dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf 5% diperoleh Thitung = 2,010 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap pemahaman konsep peserta didik lebih baik dari pada peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Listening Starts With A Questions di kelas IV MI Muhammadiyah Tangkit Batu Natar, dan berdasarkan uji N-Gain didapat nilai rata-rata sebesar 0,378 sehingga tingkat keberhasilan peserta didik setelah belajar mengajar dikategorikan pada tingkat sedang. Kata kunci : Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray, Pemahaman Konsep, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:53
Last Modified: 23 Jun 2021 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14834

Actions (login required)

View Item View Item