KONSEP PENDIDIKAN PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASINYA DIPONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

SUGI, RAHAYU (2021) KONSEP PENDIDIKAN PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASINYA DIPONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL SUGI RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuaatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidian bukan hanya menghasilkan manusia-manusia yang hanya mengedepankan kecerdasan otaknya melainkan menghasilkan manusia yang cerdas secara intelektual dan spiritual. Dizaman yang serba modern saat ini kebanyakan diantara mereka hanya mengandalkan otak tanpa memperhatikan masalah akhlak dan moral, maka pendidikan karakter sangat berperan dalam merubah pola fikir masyarakat yang lalai dalam masalah pendidikan. Dengan adanya Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim yang di dalamnya terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan karakter dalam mencetak anak didik memiliki peribadi yang baik dan berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Konsep Pendidikan Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dan Implementasinya di Pondok Pesantren Al�hikmah Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library reseach). Sumber dan data primer berasal dari terjemahan kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dan sumber data sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa beberapa buku�buku, artikel, jurnal dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan pendidikan akhlak menurut KH Hasyim Asy’ari dan pendidikan Islam kontemporer. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim (1) Etika seorang murid terhadap dirinya sendiri, (2) Etika seorang murid terhadap Guru (3) Etika belajar bagi murid (4) Etika seorang murid terhadap kitab Adapun nilai-nilai pendidikan karakter didalam kitab tersebut adalah .rasa tanggung jawab , kedisiplinan, peduli, ketekunan, kejujuran, cerdas, beriman, bertaqwa, inovatif, sehat, gigih, kerja keras, amanh, rela berkorban, dan rasa ingin tahu. Kata Kunci: Konsep Pendidikan pendidikan Akhlak, KH Hasyim Asy’ari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:37
Last Modified: 23 Jun 2021 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14829

Actions (login required)

View Item View Item