KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

LUSI, WIDIYASTUTI (2021) KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LUSI WIDIYASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat ini, topik kajian mengenai kecerdasan jamak atau multiple intelligence sangat langka untuk ditemukan. Hal ini dikarenakan paradigma yang ada dari waktu ke waktu yang menganggap dan berpandangan bahwa kecerdasan terletak pada otak, atau kecerdasan hanya dapat dinilai dari intelligent quetient atau IQ nya saja. Sehingga paradigma tersebut melekat pada hampir pemikiran setiap orang. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengubah paradigma lama, bahwa sebenarnya kecerdasan itu banyak, multidimensi, ada pada setiap masing-masing manusia yang hidup di bumi ini. Juga bertujuan untuk menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kecerdasan jamak atau multiple intelligence tersebut. Agar kita semua dapat menyadari dan mengetahui bersama bahwa dalam pembahasan pendidikan Islam pun, semua kecerdasan yang berbeda beda itu, kecerdasan yang dimiliki oleh setiap orang yang berbeda pula, benar-benar ada dan tercantum di dalam ayat-ayat Al-Qur’an, yang dimana Al-Qur’an merupakan pedoman pertama yang juga menjadi rujukan oleh seluruh umat manusia dalam segala bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan itu sendiri. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimana ayat Al-Qur’an menjelaskan tentang Multiple Intelligence. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan, ragam penelitiannya ialah studi teks kewahyuan. Sumber data terdiri dari dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa dokumentasi. Pendekatan analisisnya menggunakan pendekatan perspektif interpretatif. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing bahasan tentang kecerdasan jamak atau multiple intelligence dapat ditemui di dalam Al-Qur’an; kecerdasan matematika-logika ada dalam Q.S Ali-Imran[3]: 190-191, kecerdasan bahasa/linguistik ada dalam Q.S Ar-Rahman[55]: 1-4, kecerdasan interpersonal ada dalam Q.S Al-Hujurat: 13, kecerdasan intrapersonal ada dalam Q.S Al-Isra’[17]: 36, dan kecerdasan naturalis ada dalam Q.S Al-Qashas[28]: 77. Selanjutnya kecerdasan matematika-logika, kecerdasan bahasa/linguistik dan kecerdasan intrapersonal masuk ke dalam ranah fitrah dalam kaitannya dengan pendidikan Islam. Sedangkan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan naturalis termasuk kepada akhlak dalam kaitannya dengan pendidikan Islam. Sementara, relevansi antara konsep multiple intelligence dengan pendidikan Islam ialah dapat dilihat dari bagaimana Allah memberikan anugerah kecerdasan kepada para hambaNya itu berbagai macam. Bukan hanya satu saja. Yang tujuannya adalah tidak lain dan tidak bukan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kehidupannya. Juga untuk menyadarkan manusia bahwa sesungguhnya ia sudah sepantasnya bersyukur atas segala nikmat yang telah ia terima, baik itu dalam bentuk kecerdasan yang dimilikinya, maupun dalam bentuk yang lain. Juga dalam pendidikan Islam, kita diajarkan untuk bisa bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa kecerdasan yang kita miliki bisa menjadi alat yang kita sendiri akan gunakan bagi kebaikan diri kita sendiri maupun orang lain. Dari paparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa memang ada keterkaitan atau relevansi antara multiple intelligence atau kecerdasan majemuk itu sendiri dengan pendidikan Islam. Karena pada hakikatnya Allah Swt memberikan anugerah, karunia serta rejeki kepada hambanya baik berupa potensi fitrah, akhlak maupun berbagai kecerdasan yang apabila potensi fitrah , akhlak atau kecerdasan itu mendapat berbagai dukungan yang positif dari lingkungannya, maka hal tersebut akan berkembang dengan baik, seimbang dan optimal. Kata kunci: Al-Qur’an, Multiple Intelligence, Pendidikan Islam iiABSTRACT At this time, the topic of research on multiple intelligence is very rare to find. This is because the existing paradigm from time to time assumes and views that intelligence lies in the brain, or that intelligence can only be judged by its intelligent quetient or IQ. So that the paradigm is attached to almost everyone's thoughts. Therefore, this study aims to change the old paradigm, that in fact intelligence is many, multidimensional, exists in every human being who lives on this earth. It also aims to analyze the verses of the Al-Qur'an related to multiple intelligences. So that we can all realize and know together that even in the discussion of Islamic education, all these different intelligences, the intelligences possessed by different people, really exist and are listed in the verses of the Qur'an, which where the Qur'an is the first guideline which is also used as a reference by all mankind in all areas of life, including in the field of education itself. The formulation of the problem of this research is how the Al-Qur'an verse describes Multiple Intelligence. The type of research used in this research is library research, the type of research is the study of revelatory texts. Data sources consist of two types, namely primary data and secondary data. This study uses data collection techniques in the form of documentation. The analytical approach uses an interpretive perspective approach. Meanwhile, the data analysis used content analysis method. Test the validity of the data using data credibility. The results showed that each discussion of multiple intelligences or multiple intelligence can be found in the Al-Qur'an; mathematics-logic intelligence is in QS Ali-Imran [3]: 190-191, language/linguistic intelligence is in QS Ar-Rahman [55]: 1-4, interpersonal intelligence is in QS Al-Hujurat: 13, intrapersonal intelligence is there in QS Al-Isra '[17]: 36, and naturalist intelligence is in QS Al-Qashas [28]: 77. Furthermore, mathematical-logical intelligence, language/linguistic intelligence and intrapersonal intelligence are included in the realm of nature in relation to Islamic education. Meanwhile, interpersonal intelligence and naturalist intelligence are included in morals in relation to Islamic education. Meanwhile, the relevance of the concept of multiple intelligence with Islamic education is that it can be seen from how Allah gives various kinds of intelligence gifts to His servants. Not just one. The goal is none other than to help humans in solving problems that exist in their lives. Also to make people aware that in fact they should be grateful for all the blessings they have received, whether in the form of intelligence they have, or in other forms. Also in Islamic education, we are taught to be useful for ourselves and others. Therefore, it can be said that the intelligence we have can be a tool that we ourselves will use for the good of ourselves and others. From the explanation above, it can be concluded that there is indeed a link or relevance between multiple intelligence itself with Islamic education. Because in essence Allah SWT gives gifts and fortunes to his servants both in the form of potential fitrah, morals and various intelligences which if the potential for nature, morals or intelligence gets various positive supports from the environment, then it will develop well, balanced and optimally. Keyword: Al-Qur’an, Islamic Education, Multiple Intelligence

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:36
Last Modified: 23 Jun 2021 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

View Item View Item