IMPLEMENTASI METODE YANBU’A PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL�QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK-PESANTREN DARUSSA’ADAH KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS

IRWANSAH, IRWANSAH (2021) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL�QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK-PESANTREN DARUSSA’ADAH KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE YANBU’A TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI DI PONDOK-PESANTREN DARUSSA’ADAH KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS Oleh IRWANSAH Metode yanbua’a adalah suatu metode pembelajaran membaca, menulis, dan menghafal Al�Qur’an yang disusun sistematis terdiri dari tujuh jilid cara membaca langsung tidak mengeja, cepat, tepat, benar dan tidak putus-putus sesuiai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid. Pembelajaran metode yanbu’a dipesantren daruss’adah kecamatan talang padang kabupaten tanggamus didominasi dengan metode ceramah, sorogan dan penugasan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an, mengetahui faktor penunjang dan penghambat kemampuan membaca Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analis deskriftif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) di Pesantren Darussa’adah menggunakan metode Yanbu’a dengan sistem klasikal dan sorogan dalam usaha meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Selain itu juga terdapat berbagai metode yang juga diterapkan guru dalam membimbing siswa diantaranya metode ceramah, penghargaan, drill (latihan), demontrasi dan penugasan. (2) Dalam membimbing siswa mengenai bacaan huruf hijaiyah yang susah, guru menggunakan metode yanbu’a sebagaimana diterapkan di pesantren darussa’adah dengan menekankan dengan metode pengulangan bagi siswa yang masih kesulitan dalam melafalkan ayat Al-Qur’an. Kata kunci : Metode Yanbu’a , Kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:30
Last Modified: 23 Jun 2021 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item