PETANI PENGGARAP KEBUN KOPI DENGAN SISTEM BAGI LAHAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Air Abang Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus)

RUK, MANDANI (2021) PETANI PENGGARAP KEBUN KOPI DENGAN SISTEM BAGI LAHAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Air Abang Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Abstrak Di Desa Air Abang Ulu Belu sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani yang memiliki lahan sendiri dan yang menggarap milik orang lain, sistem bgagi lahan penggarapan kebun kopi sudah terjadi di Desa Air Abang Ulu Belu Kabupaten Tanggamus dimana orang yang tidak memiliki lahan atau orang yang memiliki lahan bertemu dan melakukan kesepakatan untuk kerjasama di bidang lahan pertanian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Sistem bagi lahan yang dilakukan oleh penggarap lahan dan pemilik lahan dalam penggarapan kebun kopi di Desa Air Abang Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus? Bagaimana pandangan hukum Islam tentang sistem bagi lahan yang dilakukan antara penggarap lahan dan pemilik lahan pertanian dengan sistem bagi lahan di Desa Air Abang Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana Sistem bagi lahan yang dilakukan oleh penggarap dan pemilik lahan dalam penggarapan kebun kopi di Desa Air Abang Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus yang sesuai dengan syariat Islam, selain itu juga Untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang sistem bagi lahan yang dilakukan antara penggarap dan pemilik lahan pertanian dengan sistem bagi lahan di Desa Air Abang Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif analitis. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul diolah melalui proses editing dan sistematisasi data sehingga menjadi bentuk karya ilmiah yang baik. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil penelitian, Kerjasama yang terjadi di Desa Air Abang Kecamatan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus pemilik lahan menyerahkan lahannya yang berupa lahan kosong atau belukar kepada penggarap lahan. Kemudian penggarap membersihkan lahan tersebut dan menanaminya dengan kopi dimana bibit berasal dari pemilik lahan dengan perjanjian penggarap boleh meggarap lahan yang sudah ditanami selama 6 tahun. Tetapi dalam prosesnya transaksinya ada suatu hal yang masih mengganjal dan belum banyak diketahui orang mengenai hukum melakukan penggarapan kebun kopi dengan sitem bagi lahan tersebut. Dapat di simpulkan bahwa akad kerjasama harus sesuai dengan syariat Islam dan harus ada bukti akad kerjsama bukan hanya melalui lisan dan saling percaya satu sama lain. Kemudian di tinjau berdasarkan hukum Islam kerjasama yang di lakukan masyarakat di Desa Air Abang Ulu Belu dengan sitem bagi lahan pertanian Tidak sesuai dengan hukum Islam karena dalam pembagian lahan ataupun hasil dari pertanian tidak boleh ada salah satu pihak yang merasa di rugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:11
Last Modified: 23 Jun 2021 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14818

Actions (login required)

View Item View Item