PELAKSANAAN AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN AUTENTIK) DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH

Yuni, Want (2021) PELAKSANAAN AUTHENTIC ASSESSMENT (PENILAIAN AUTENTIK) DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan agar mampu mengembangkan potensi peserta didik. Pendidikan merupakan suatu proses yang bertujuan. Tujuan pendidikan harus mengikuti pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yaitu kurikulum. Dalam UU Sisdiknas nomor 20/2003 kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan KBM untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Untuk mengukur tingkat pencapaian Kompetensi Dasar dilakukan kegiatan penilaian. Dalam kurikulum 2013 mendefinisikan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sesuai dengan seharusnya yang mencangkup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sehingga adanya pergeseran dalam melakukan penilaian, yakni dari penilaian melalui tes (mengukur kompetensi pengetahuan hanya berdasarkan hasil), menuju penilaian autentik (mengukur kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan berdasarkan proses dan hasil). Dengan adanya penilaian autentik yang diterapkan pada mata pelajaran Fiqih, diharapkan mampu meningkatkan perkembangan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di tingkat Madrasah Aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik dalam meningkatkan perkembangan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di tingkat Madrasah Aliyah Sesuai dengan karakteristik masalah yang diangkat, penelitian ini merupakan sebuah penelitian pustaka atau (Library research), dengan menggunakan metode analisis isi (content analisis) yaitu dimana teknik analisis merupakan kesimpulan yang shahih dari sebuah buku atau dokument. Di mana dalam penemuan karekteristik pesan yang penggarapannya dilakukan secara objektif dan sistematis. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu : Pelaksanaan penilaian autentik dalam meningkatkan perkembangan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah telah dilaksanakan pada tiga ranah yaitu kompetensi sikap (afektif), kompetensi pengetahuan (kognitif), dan kompetensi keterampilan (psikomotorik). Pelaksanaannya telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan seluruh bentuk penilaian pada aspek kognitif telah dilaksanakan dengan maksimal, sedangkan pada aspek afektif dan psikomotorik juga telah dilaksanakan seluruhnya meskipun sebagian bentuk penilaiannya belum dilaksanakan secara maksimal namun secara keseluruhan, pelaksanaan penilaian autentik dalam meningkatkan perkembangan hasil belajar peserta didik telah berjalan dengan baik. Kata Kunci : Penilaian Autentik, Perkembangan Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:30
Last Modified: 22 Jun 2021 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14791

Actions (login required)

View Item View Item