PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 2 TUMIJAJAR

SINTA, YULIANTI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 2 TUMIJAJAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI UTUH FIX (SINTA Y).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 1 , 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan representasi visual dan kemandirian belajar peserta didik yang masih terlihat rendah. Selama ini pendidik hanya menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu teacher center dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tumijajar masih kurang dalam kemampuan representasi visual yang ditinjau dari kemandirian belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan design Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2, teknik sampling yang digunakan yaitu secara random. Instrumen penlitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi visual, lembar observasi kemampuan representasi visual dan angket kemandirian belajar yang dinyatakan layak untuk digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasils uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya uji hipotesis dengan menggunakan Analisis Variansi dua Jalan Tak Sama, diperoleh (1)Fahitung= 27,046 dan Fatabel 4,001 berdasarkan analisis terlihat bahwa Fa hitung>Fatabel sehingga dapat diambil kesimpulan H0A ditolak dan H1A diterima. (2)Fbhitung=8,443 dan Fbtabel= 4,001, dari analisis perhitugan data tabel diketahui bahwa Fbhitung>Fbtabel, maka diambil kesimpulan H0B ditolak dan H1B diterima. (3)Fabhitung= 1,388 dan Fabtabel 4,001, analisis ini menunjukan bahwa Fabhitung<Fabtabel. Sehingga H0AB diterima dan tidak terdapat Interaksi antara model pembelajaran Think Pair Share berbasis pendekatan saintifik dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi visual peserta didik. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kemampuan Representasi Visual dan Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) Berbasis Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:26
Last Modified: 22 Jun 2021 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

View Item View Item