PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REALITAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI KELAS X DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

ULFA, NUR SEPTIANA (2021) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REALITAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI KELAS X DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ULFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti dan mentaati peraturan tata tertib baik di sekolah maupun di luar sekolah. Perilaku kedisiplinan peserta didik di Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung tergolong baik, namun ada enam peserta didik yang sering melanggar kedisiplinan seperti terlambat datang ke sekolah, membolos/meninggalkan jam pelajaran sekolah, tidak mengikuti kegiatan dan peraturan di pesantren. Permasalahan adalah bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan santri melalui Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Realitas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Kelas X di Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan santri melalui Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Realitas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Kelas X di Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif kualitatif yang di gunanakan untuk menganalisis data atau menggambarkan yang telah terkumpul. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Adapun teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu: Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) Dan Conclusion Drawing (Menarik Kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik realitas yang diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling sangat berpengaruh dan mengurangi permasalahan kedisiplinan pada peserta didik kelas X di Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap penutupan. Dengan demikian Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Realitas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Kelas X di Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung memiliki tujuan yang jelas dalam melaksanakan layanan yaitu membantu peserta didik untuk mentaati kedisiplinan di Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:17
Last Modified: 22 Jun 2021 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14787

Actions (login required)

View Item View Item