KONTRIBUSI KHALIFAH ABDURRAHMAN AL-NASHIR DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM DI ANDALUSIA (Tela’ah Pada Masa Kejayaan Ilmu Pengetahuan Dinasti Bani Umayyah II Di Andalusia Pada Tahun 912-961 M)

SITI, KURNIAWATI (2021) KONTRIBUSI KHALIFAH ABDURRAHMAN AL-NASHIR DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM DI ANDALUSIA (Tela’ah Pada Masa Kejayaan Ilmu Pengetahuan Dinasti Bani Umayyah II Di Andalusia Pada Tahun 912-961 M). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI KURNIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Studi dalam skripsi ini mengkaji mengenai ”Kontribusi Khalifah Abdurrahman Al-Nashir Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam Di Andalusia” (Tela’ah Pada Masa Kejayaan Ilmu Pengetahuan Dinasti Bani Umayyah II Di Andalusia Pada Tahun 912-961 M) dengan pokok masalah yang yang ingin di kaji adalah bagaimana kontribusi seorang khalifah Abdurrahman al-Nashir dalam mengembangkan pendidikan islam pada masa kejayaan ilmupengetahuan di Andalusia hal ini dilihat dari pesatnya perkrmbangan ilmu pengetahuan di Andalusia. ditandai dengan banyaknya ulama dari timur yang pindah dang mengajar ke Andalusia tepatnya di kota cordoba, adapula mahasiswa-mahasiswa dari asia, afrika, dan eropa yang belajar di sana,hingga banyak ilmuan muslim yang lahir dan berkembang di cordoba. dalam menjawab permasalahan yang ingin di kaji, penulis menggunakan metode study pustaka. adapun metode ini merupakan proses menguji dan menganalisa secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau yang berupa teks tertulis, lalu poin-poin penting yang telah di analisa, kemudian ditulis atau dipaparkan sesuai dengan bentuk,kejadian, suasana, dan masa berlangsungnya topik penelitian sejarah yang berkaitan. temuan dalam studi ini menjelaskan bahwa perkembangan pendidikan islam pada masa kejayaan ilmu pengetahuan di cordoba merupakan puncak dari peradaban islam di Andalusia. hal ini terjadi karena adanya kontribusi dari penguasa Andalusia yaitu khalifah dinasti bani umayyah II Abdurrahman al-nashir kemampuannya dalam menstabilitaskan keadaan politik, sosial, dan ekonomi di negaranya, memberi perhatian dalam pembangunan fisik di kota serta mensejahterakan rakyatnya dalam keadaan aman dan tentram, menjadi faktor pendukung berkembangnya ilmu pengetahuan di cordoba hingga kota ini menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan di Eropa. KataKunci : Abdurrahman al-Nashir, Dinasti umayyah II, Andalusia, pendidikan islam, ilmu pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:16
Last Modified: 22 Jun 2021 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14786

Actions (login required)

View Item View Item