NUANSA, FAJAR ISLAMI (2021) DAMPAK IKLAN ROKOK PADA PERILAKU MEROKOK MAHASISWA DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
|
PDF
Download (681kB) |
Abstract
ABSTRAK Iklan adalah komunikasi atau pesan yang disampaikan kepada khalayak untuk menarik minat khalayak untuk membeli atau menggunakan barang dan jasa, Salah satunya adalah iklan produk rokok. Iklan yang bertujuan untuk menarik minat konsumen untuk membelinya namun pada iklan rokok juga terdapat peringatan bahayanya mengkonsumsi rokok. di cantumkan berbagai penyakit yang dapat di akibatkan dari konsumsi rokok seperti serangan jantung, kanker paru-paru, impotensi, gangguan kehamilan bagi wanita, dan bahkan menyebabkan kematian. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah yaitu bagaimana dampak iklan rokok terhadap perilaku merokok mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung angkatan 2016 terhadap pesan peringatan bahaya merokok pada iklan rokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui bagaimana dampak iklan rokok pada mahasiswa prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung angkatan 2016 terhadap perilaku merokok mahasiswa. Sedangkan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yan dilakukan dilapangan atau di dalam masyarakan yang sebenarnya. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu berasal dari lapangan pada lingkungan kampus Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2016, yagn melibatkan mahasiswa laki-laki yang juga seorang perokok aktif, mahasiswa yang pernah menjadi perokok, dan mahasiswa yang tidak merokok. kemudian data sekunder yang berasal dari buku dan data-data pelengkap lainnya. Pesan peringatan bahaya merokok pada iklan rokok sebenarnya sudah tersampaikan dengan baik namun kurang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perokok. Sebagian besar perokok tidak mendapkan pengaruh yang positif dari pesan peringatan bahaya merokok pada iklan rokok. dan juga mahasiswa yang berhenti merokok bukan dikarenakan mendapat pengaruh dari pesan peringatan bahaya merokok, akan tetapi karena keinginan dan kesadaran mereka sendiri untuk berhenti mengkonsumsi rokok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 02:11 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 02:11 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14775 |
Actions (login required)
View Item |