MANAJEMEN PELAYANAN NIKAH PADA MASA PANDEMI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Alif, Sabroni (2021) MANAJEMEN PELAYANAN NIKAH PADA MASA PANDEMI DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP ALIF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antar seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelayanan. dapat disimpulakan bahawa manajemen pelayanan adalah manajemen proses, yaitu sisi manajemen yang mengatur dan mengendalikan proses pelayanan, agar mekanisme kegiatan pelayanan dapat berjalan tertib, tepat mengenai sasaran dan memuaskan pihak yang dilayani. KUA Kecamatan Candipuro merupakan salah satu dari 15 Kantor Urusan Agama yang berada di Kabupaten Lampung Selatan yang mencangkup 14 desa dalam tugasnya, disamping itu pelayanan yang diberikan sangatlah penting untuk menjamin kepuasan masyarakat terhadap kinerja yang diberikan oleh KUA. Manajemen adalah sebuah hal penting untuk sebuah lembaga maupun organisasi, salah satu yang memerluka manejemen adalah pelayanan nikah yang di lakukan oleh kantor urusan agama kecamatan candipuro kabupaten lampung selatan. Pokok permasalahan peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan nikah pada masa pandemic dikantor urusan agama kecamatan candipuro kabupaten lampung selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang meneliti fungsi manajemen pada pelayanan pernikahan yang terjadi pada masa pandemi.Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi manajemen sangat berpengaruh terhadap pelayanan, dalam penerapan fungsi manajemen dalam pelayanan nikah melakukan satu persatu fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dimana dalam perencanaan KUA menyusun beberapa rencana dan tujuan guna memudahkan pelayanan yang nanti di berikan. Sedangkan dalam pengorganisasian KUA membuat struktur kepengurusan agar para petugas mengetahui tugasnya dan pengelompokan berkas-berkas. Kemudian dalam pelaksanaan adanya perbedaan dari sebelum adanya pandemi seperti tidak adanya suscatin, pelaksanaan ijab qobul terjadi di kua dan harus adanya protokol kesehatan. Dan dalam pengawasan kua candipuro melakukan pengawasan secara langsung agar mudah melihat kekurangan sehingga akan lebih mudah untuk mengevaluasi. Kata Kunci : Fungsi Manajemen, Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2021 08:16
Last Modified: 21 Jun 2021 08:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14757

Actions (login required)

View Item View Item