PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 29 BANDAR LAMPUNG

SOFIA NUR FAUZIAH, NUR FAUZIAH (2021) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 29 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya Self confidence atau kepercayaan diri pada peserta didik dapat menghambat perkembangan diri terutama dalam proses belajar di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. Self confidence merupakan pribadi positif individu yang berupa keyakinan dalam bertindak agar dapat mengembangkan kemampuan individu secara optimal. Fenomena yang ada pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung menunjukkan terdapat peserta didik yang memiliki self confidence yang rendah, yang dalam hal ini terdapat pada kelas VIII.11. Alternatif bantuan yang diberikan untuk membantu meningkatkan self confience peserta didik kelas VIII.11 SMP Negeri 29 Bandar Lampung yaitu dengan memberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training. Assertive training merupakan sebuah penerapan tingkah laku dengan sasaran membantu peserta didik mengembangkan cara berinteraksi atau berhubungan langsung dalam situasi interpersonal. Fokusnya ialah berlatih mengungkapkan perasaan-perasaan dan pemikiran seorang individu secara lebih terbuka serta mempraktekan melalui permainan peran, kecakapan dalam bergaul yang baru diperoleh sehingga individu dapat mengatasi kesulitannya dalam berinteraksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah yaitu kuantitatif dengan metode pre-eksperiment, dengan desain penelitian pre-exsperimen one group pretest-postest design. Dalam hal ini peneliti menggunakan uji Wilcoxon. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.11 SMP Negeri 29 Bandar Lampung dengan jumlah 30 peserta didik. Pemilihan sampel dilakukan melalui penyebaran angket self confidence yang telah diuji validitas, terdapat 5 peserta didik yang memiliki kategori self confidence yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan self confidence peserta didik berdasarkan tabel Test Statistics diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,043 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel 0,05. Sementara itu didapatkan nilai Zhitung yaitu sebesar 2,023b nilai Ztabel dengan signifikan 0,05 yaitu sebesar 0,4798. Dapat diartikan bahwa nilai Z hitung lebih besar dari nilai Ztabel. Kemudian terdapat peningkatan antara hasil pretest sebesar 67,4 dan posttest self confidence peserta didik sebesar 114,6 setelah diberikan perlakuan. Maka dapat dikatakan bahwasannya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwasannya layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training berpengaruh terhadap self confidence peserta didik kelas VIII.11 di SMP Negeri 29 Bandar Lampung. Kata Kunci : Assertive Training. Konseling Kelompok, Self Confidence

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:54
Last Modified: 21 Jun 2021 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14755

Actions (login required)

View Item View Item