BAYU, PRATAMA (2021) PENGARUH MULTIPLE INTELLIGENCES (KECERDASAN MAJEMUK) PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MULTIPLE INTELLIGENCES (KECERDASAN MAJEMUK) PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Oleh BAYU PRATAMA Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Multiple Intelligences (kecerdasan majemuk) peseerta didik untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar peserta didik kelas X Ipa pada mata pelajaran biologi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 128 peserta didik dari 4 kelas. Dengan mengambil 2 kelas sebanyak 63 peserta didik yang menjadi sampel adalah 2 kelas yaitu kelas eksperimen (X Ipa 1) dan kelas kontrol (X Ipa 2). Tekhnik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling (acak kelas). Tekhnik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket, wawancara dan tes. Analisis uji coba instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu analisis normalitas, analisis homogenitas, dan analisis Box text (box M). Diperoleh hasil bahwasanya pengaruh Multiple Intelligences (kecerdasan majemuk) peserta didik dapat menjadikan: 1) Minat belajar peserta didik semakin meningkat sehingga dapat mencapai KKM. 2) Prestasi belajar peserta didik akan lebih meningkat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Kata Kunci : Multiple Intelligences, Minat Belajar, Prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 03:18 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 03:18 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14746 |
Actions (login required)
View Item |