TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP PERAN APARAT DESA DALAM PENCEGAHAN COVID 19 (Studi Di Desa Pekon Susuk Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus)

YULMA, OKTAYANA (2021) TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP PERAN APARAT DESA DALAM PENCEGAHAN COVID 19 (Studi Di Desa Pekon Susuk Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULMA OKTAYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peran aparat pekon merupakan satu ukuran yang menyatakan seberapa jauh usaha dan kualitas yang telah dicapai oleh aparat pekon yang mana target tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu. Peran aparat pekon adalah sebagai pemerintah harus mampu bekerja secara baik dan benar dalam mendampingi kepala desa terutama membantu menyelesaikan masalah fenomena Covid 19, dalam Undang- Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa disebutkan bahwa penyelenggaraan pemerintah desa haruslah mengacu kepada aturan pemerintah yang telah ditetapkan. Oleh karena itu perangkat desa terutama kepala desa diharapkan benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana yang telah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran aparat Pekon dalam pencegahan Covid 19 di Pekon Susuk Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus dan bagaimana pandangan Fiqh Siyasah terhadap peran aparat pekon dalam pencegahan Covid 19 di Pekon Susuk Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( fiel dan research), dengan teknik pengumpulan data observasi, interview, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode penelitian kualitatif yang dipadukan dengan teori kepustakaan, lalu dari data yang terkumpul diolah secara sistematis dengan menggunakan pola berfikir induktif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peran aparat Pekon dalam pelaksanaan pencegahan Covid 19 di Pekon Susuk tidak maksimal sehingga tidak amanah dan tidak bertanggungjawab terhadap tugasnya, dilihat dari adanya beberapa peraturan dari pemerintah yang tidak terlaksana, serta kurangnya antusias terhadap pencegahan Covid 19 tersebut. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peran aparat pekon dalam pencegahan Covid 19 ditijau dari fikih siyasah tidak melaksanakan sifat siddiq, amanah, fatonah, dan tabligh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2021 02:51
Last Modified: 21 Jun 2021 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14744

Actions (login required)

View Item View Item