PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 WALUYOJATI PRINGSEWU LAMPUNG

Eka, Inda Saputri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 WALUYOJATI PRINGSEWU LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of =FULL SKRIPSI EKA INDA SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of =cover,bab1,bab 2, dapus EKA INDA SAPUTRI.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran. Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat sehingga berdampak hasil belajar aspek ranah kognitif pelajaran PKN masih rendah pada peserta didik kelas V peserta didik di SD Negeri 2 Waluyojati Pringsewu Lampung, diketahui proses pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu perlu di terapkan model pembelajaran teams games tpurnamentn berbantu media flash card untuk meningkatkan hasil belajar. Rumusan dalam penelitian ini yaitu Adakah PengaruhModel Pembelajaran teams games tpurnament berbantu media flash card Terhadap Hasil belajar PKN Kelas V SD Negeri 2 Waluyojati Pringsewu Lampung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tpurnament berbantu media flash card terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKN Kelas V SD Negeri 2 Waluyojati Pringsewu Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. populasi dengan populasi seluruh peserta didik kelas V. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini acak kelas. Sampel tersebut berjumlah dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t. Pengelolahan data dari hasil uji normalitas dan homogenitas dihitung dengan menggunakan microsoft excel, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelas sampel tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil posttest thitung sebesar 2.851 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2.008 dengan kesimpulan Ho ditolak sehingga H1 diterima. Dengan demikian hasil uji-t menyatakan bahwa H1 diterima yaitu ada (terdapat) pengaruh model pembelajaran teams games tournament berbantu media flash card terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran teams games tournament, flash card, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:46
Last Modified: 18 Jun 2021 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14731

Actions (login required)

View Item View Item