HUBUNGAN DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU MAN SE-BANDAR LAMPUNG

BUSTANUL, ARIF (2021) HUBUNGAN DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU MAN SE-BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Tesis Bustanul Arif.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU MAN SE-BANDAR LAMPUNG Oleh BUSTANUL ARIF Di dalam suatu organisasi kinerja merupakan hal yang perlu diperhatikan didalam keefektifan organisasi, begitupun juga terjadi di bidang pendidikan yang berhubungan dengan kinerja guru. Beberapa faktor yang memengaruhi kinerja guru diantaranya disiplin kerja dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hubungan antara disiplin kerja dengan kinerja guru MAN se-Bandar Lampung (2) mengetahui hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru MAN se-Bandar Lampung, dan (3) mengetahui hubungan secara bersama-sama antara disiplin kerja dan motivasi kerja dengan kinerja guru MAN se-Bandar Lampung. Jenis penelitian ini kuantitatif asosiatif (asosiasi korelasional) dengan jumlah populasi sebanyak 164 guru dan sampel penelitian 63 guru. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Data kemudian dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil menunjukkan bahwa signifikasi diketahui bahwa nilai p-value (Sig.) variabel X1 disiplin kerja yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6.641 lebih besar dari 2.001. Hasil ini memberikan kesimpulan bahwa hipotesis pertama diterima yaitu variabel X1 disiplin kerja berhubungan signifikan dengan variabel Y kinerja guru (2) nilai p-value (Sig.) variabel X2 motivasi kerja yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5.246 lebih besar dari 2.001. Hasil ini memberikan kesimpulan bahwa hipotesis kedua diterima yaitu variabel X2 motivasi kerja berhubungan signifikan dengan variabel Y yaitu kinerja guru, dan (3) nilai p-value (Sig.) variabel X1 disiplin kerja yaitu 0,000 dan X2 motivasi kerja yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu nilai disiplin kerja sebesar 5.648 dan nilai motivasi kerja sebesar 4.171 lebih besar dari ttabel 2.001, maka kesimpulan bahwa hipotesis ketiga diterima yaitu variabel X1 disiplin kerja dan X2 motivasi kerja berhubungan signifikan dengan variabel Y yaitu kinerja guru. Adapun jika dilihat dari besarnya nilai koefisien determinasi sebesar 0,550, hasil ini menunjukkan bahwa kontribusi atau sumbangan hubungan X1 disiplin kerja dan X2 motivasi kerja dengan Y kinerja guru adalah sebesar 55 % sementara sisanya 45% merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian. Kata Kunci : Disiplin Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. ABSTRACT RELATIONSHIP OF WORK DISCIPLINE AND WORK MOTIVATION WITH THE PERFORMANCE OF TEACHERS OF SE-BANDAR LAMPUNG By BUSTANUL ARIF In an organization, performance is something that needs to be considered in organizational effectiveness, as well as in the field of education related to teacher performance. Several factors that influence teacher performance include work discipline and work motivation. This study aims to: (1) determine the relationship between work discipline and the performance of MAN teachers in Bandar Lampung (2) know the relationship between work motivation and the performance of MAN teachers in Bandar Lampung, and (3) know the joint relationship between disciplines. work and work motivation with the performance of MAN teachers in Bandar Lampung. This type of research is associative quantitative (correlational association) with a total population of 164 teachers and a research sample of 63 teachers. The data collection technique used a questionnaire. The data were analyzed using simple linear regression analysis and multiple linear regression analysis using IBM SPSS Statistics 23. The results showed that (1) The results showed that the significance was known that the p-value (Sig.) Of the X1 variable of work discipline, namely 0.000, was smaller than 0.05. The value of t is greater than t table which is 6,641 greater than 2,001. These results conclude that the first hypothesis is accepted, namely the variable X1 work discipline has a significant relationship with the variable Y teacher performance (2) the p-value (Sig.) Of the X2 variable work motivation, namely 0.000, is smaller than 0.05. The value of t is greater than t table, which is 5,246, which is greater than 2,001. These results conclude that the second hypothesis is accepted, namely that the X2 variable work motivation is significantly related to the Y variable, namely teacher performance, and (3) the p-value (Sig.) Of the X1 variable work discipline is 0,000 and X2 the work motivation is 0,000, which is smaller than 0. , 05. The value of t is greater than t table, namely the value of work discipline of 5,648 and the value of work motivation of 4,171 which is greater than t of 2,001, so the conclusion is that the third hypothesis is accepted, namely the X1 variable work discipline and X2 work motivation have a significant relationship with the Y variable, namely teacher performance. When viewed from the value of the coefficient of determination of 0.550, these results indicate that the contribution or contribution of the relationship between X1 work discipline and X2 work motivation with Y teacher performance is 55% while the remaining 45% is the contribution of other variables not included in the study. Keywords: Work Discipline, Work Motivation and Teacher Performance

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:44
Last Modified: 18 Jun 2021 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14729

Actions (login required)

View Item View Item