PENERAPAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI DALAM PENYAMPAIAN PESAN DAKWAH (Studi di TPQ Baitul Qur'an Al Hikmah Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung)

Bagas, Tri Cahyo (2021) PENERAPAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI DALAM PENYAMPAIAN PESAN DAKWAH (Studi di TPQ Baitul Qur'an Al Hikmah Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAGAS TRI CAHYO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Psikologi Komunikasi sebagai proses mempengaruhi dan mengendalikan perilaku orang lain melalui interaksi secara langsung. Dari psikologi komunikasi ini akan mengungkapkan proses sampai dengan hasil kegiatan pembelajaran tentunya melalui interaksi guna mencapai tujuan dalam mewujudkan proses penyampaian pesan dakwah yang baik, serta bagi komunikan dapat memahami pesan-pesan yang disampaikan oleh komunikator atau pengajar di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Baitul Qur’an Al-Hikmah. Kurangnya perhatian dari orang tua, lingkungan sosial yang kurang mendukung dan broken home merupakan sebab yang mengakibatkan minimnya pengetahuan mereka tentang akhlak. Pengumpulan data, penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Dengan pendekatan deskriptif, analisis data yang diperoleh berupa kata-kata, gambar, dan perilaku. Pemaparannya harus dilakukan secara objektif agar subjektivitas peneliti dalam membuat interpretasi dapat dihindarkan. Metode yang dilakukan yaitu metode wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Berdasarkan tempat penelitian, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan sesuatu unit sosial, individu, kelompok, lembaga, atau masyarakat. Dengan metode ini penulis ingin mengumpulkan data riset yang sifatnya deskriptif yang akan diolah. Temuan di lapangan bahwa penerapan psikologi komunikasi dalam penyampaian pesan dakwah dilakukan secara langsung atau tatap muka menggunakan bahasa lisan, bahasa lemah lembut dengan penuh kesabaran dan motivasi yang dilakukan ustadz dan ustadzah dengan melihat kondisi psikologis santri maupun santriwati. Setelah data diolah kemudian proses selanjutnya menyusun data dalam kegiatan belajar mengajar dengan berbagai pendekatan psikologi komunikasi yang diawali dengan penerimaan stimuli, proses stimuli, prediksi respon, dan peneguhan respon agar tercapai sesuai dengan tujuan. Analisis yang penulis lakukan, dapat penulis simpulkan bahwa TPQ Baitul Qur’an Al-Hikmah Bandar Lampung dalam proses menerapkan psikologi komunikasi dalam menyampaikan pesan dakwah dengan merumuskan materi dakwah, metode dakwah, mempertimbangkan kondisi psikis santri dalam rangka pencapaian tujuan dakwah, dan menetapkan fasilitas, dan faktor-faktor lain yang diperlukan pada proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan psikologi komunikasi yang dilakukan ustadz dan ustadzah di TPQ Baitul Qur’an Al Hikmah saat pembelajaran berlangsung melaui berbagai metode dakwah yang mudah dimengerti sehingga dapat memacu keaktifan para santri dan santriwati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:14
Last Modified: 18 Jun 2021 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14720

Actions (login required)

View Item View Item