KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. M. HASYIM ASY’ARI

SANTI, WAGI RAHAYU (2021) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. M. HASYIM ASY’ARI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of caver  s d bab 2 dan dapus OK.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi lengkap OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep pendidikan Islam pada dasarnya mewujudkan manusia yang baik (sempurna) sesuai dengan fungsi utama diciptakannya yaitu sebagai hamba Allah SWT. dan khalifah dibumi. Tujuan belajar sejatinya selain mendapatkan pengetahuan tetapi menata cara berfikir dan membentuk perilaku. Jika orientasi seorang pelajar hanya untuk ilmu kognitif maka akan lahir generasi yang tidak berbudi dan beradab. Konsep pendidikan Islam harus tegas, jelas, dan matang, karena nantinya akan diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Mengingat bahwa kita akan mengahadapi perkembangan zaman yang akan mempengaruhi karakter dan sikap setiap individu terlebih kearah moral yang menurun.Dalam mencari konsep pendidikan Islam menurut KH. M. Hasyim Asy‟ari, penulis menggunakan jenis penelitian Studi Pustaka (library research). Dikerjakan dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara membaca, menelaah, dan mengkaji buku-buku serta sumber-sumber lain yang berhubungan dengan masalah dalam karya ilmiah ini.Hasil dari penelitian karya ilmiah ini menunjukan bahwa Konsep pendidikan Islam yang disampaikan KH. M. Hasyim Asy‟ari begitu lengkap dan menyeluruh meliputi semua adab dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dari 8 pokok yang di sampaikan KH. M. Hasyim Asy‟ari dalam Kitab Adab Al-„Alim wa Al-Muta‟allim maka penulis menarik 7 hal penting yang bisa dijadikan bahan sebagai acuan dalam pendidikan Islam yaitu dasar pendidikan Islam, tujuan, materi, metode, prinsip-prinsip, dan evaluasi pendidikan Islam. KH. M. Hasyim Asy‟ari mengedepankan masalah adab yang harus dilaksanakan guna mendapatkan pemahaman dan keberkahan. Dengan konsep yang sudah disampaikan diharapkan membawa dampak positif dalam mengimplemetasikan setiap nilai-nilai didalam memahami ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari. Semua usaha tersebut hanya bertujuan lillahi ta‟ala, Kata kunci: Konsep, Pendidikan Islam, KH. Hasyim Asy’ari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jun 2021 07:14
Last Modified: 17 Jun 2021 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14713

Actions (login required)

View Item View Item